Contoh Kata-kata Ucapan Selamat Atas Kelahiran Anak Bahasa Batak dan Artinya

 

Contoh Kata-kata Ucapan Selamat Atas Kelahiran Anak Bahasa Batak dan Artinya


Wargabatak.Blogspot.com,Lahirnya Si bayi Mungil kedunia adalah Harapan setiap Pasangan Suami Istri atau sebuah keluarga setelah merajut Sebuah Rumahtangga.

Bukan Hanya Suami,istri Semua keluarga ,sanak saudara,bahkan orangtua kita sendiri,terkadang tidak sabar untuk menimang seorang cucu dari kita sebagai anaknya.

Contoh Kata-kata Ucapan Selamat Atas Kelahiran Anak Bahasa Batak dan Artinya
ibu yang melahirkan Seorang Anak

Kelahiran Seorang Bayi Dalam Suku Batak
,bukanlah sesuatu peristiwa yang dianggap biasa-biasa Saja,Namun berkat kelahiran seorang Bayi dalam suatu keluarga Batak akan ada Acara tradisional Turun-temurun yang akan menyambut kelahiran ini.

Ini adalah kebiasaan Adat Tradisional Batak dari jaman dahulu,dalam penyambutan Kelahiran ini biasanya Suku Batak akan Mengadakan Suatu pesta dari keluarga,Istilah jaman Sekarang sering di sebut "ESEK-ESEK LAHIRAN"artinya Sesuatu Tunas Baru Telah Lahir Kedunia Dengan Sehat Untuk itu akan diadakan pesta penyambutan,Ini sebagai Rasa Syukur pada Yang Maha Kuasa.

Pesta perayaan Atas kelahiran Baru ini bertujuan untuk Menanamkan sesuatu hal yang baik Dari perjalanan si bayi kecil Hingga   dewasa Nanti.

Acara ini Nantinya Akan di isi berbagai doa-doa yang di panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,Setelah perayaan Selesai Orang Batak Biasanya akan melakukan Makan bersama.

Semua,Sanak Saudara maupun kerabat,famili,kumpulan Marga,teman orangtua si bayi,pihak Gereja akan datang merayakan ini,keuntungan positif dari pesta penyambutan Kelahiran Anak ini adalah Untuk membantu Orangtua dalam hal finansial,karena pihak yang datang dari kalangan keluarga,teman,sahabat,kumpulan Marga,Pihak Gereja Biasanya Akan memberikan Ucapan Selamat Atas Kelahiran Anak beserta Salam Berisi Uang dan bahan-bahan Makanan Seperti Susu,kelapa,pakaian dan kebutuhan lahiran lainya Untuk Orangtua Si anak Yang Baru Melahirkan Tersebut.

Nah kali ini Blog wargabatak akan Menuliskan Ucapan Selamat Atas Kelahiran Anak Bahasa Batak

1.Sai Anggiat Ma Tuhan Mangaromoti Langkamu,Jala Di Patudu Dalan,Dohot Pancarian Na Lomak.Asa Asa Boi Gellengmon Magodang Gabe Jolma Na Hasea Di adopan Ni Natorop Tarlumobi Di Jolo Ni TUHAN.

Artinya: Semoga TUHAN mengiringi segala Langkahmu(Untuk Orangtua Yang Baru Melahirkan Si Anak)Serta di tunjukkan Jalan dan Rejeki Yang berlimpah.Supaya Anak Ini Dewas kelak  jadi Manusia Yang Berguna Di tengah-tengah Masyarakat,Terlebih di hadapan Tuhan.

2.Nunga Tubu Sada Poso-poso di Keluarga Muna Sai Anggiat Ma on Gabe Jolma Siboan lasniroha Tu joloanon.jala Simbur Magodang

Artinya: Sudah Lahir seorang Tunas Baru di Keluarga ini,Semoga menjadi Manusia Pembawa Damai kedepanya,serta di beri pertumbuhan dan Kesehatan

3.Sai Anggiat Tuhan Mangaromoti Langkamu Sahat Tu Na Magodang Jala Sai Ro Asi-Asi Ni Tuhan Di Ganup Tikki Mardoppakkon Bohina Tu Ho

Artinya:Semoga Tuhan Menyertai Langkahmu Sampai Dewasa,Dan Tuhan Selalu mencurahkan Berkahnya Untukmu di setiap Waktu(Untuk si bayi)

4.Aha Pinangido Muna Nunga Be di lean Tuhan Pardenggan Basa I,Las Ma Rohamu,Gir-girma Hamu Manguluhon Dakdanak on,Asa Tarida pangalaho Mu Nadenggan Margelleng

Artinya:Apa yang kalian minta Tuhan Maha Pengasih Sudah memberikanya,Berbahagialah ,gigihlah mengiring-iring Anak ini ,Supaya kalian Terlihat sebagai Orangtua Yang Baik dalam mendidik anak(Ucapan untuk keluarga yang Sudah Lama Menunggu kelahiran Seorang Anak)

5.disiala Hatutubu ni Sada Poso-poso di Tonga-Tonga ni Keluarga Na imbaru on,Mandok mauliate ma Hita tu Tuhan Pardenggan Basa I,Asa Sai Anggiat Tujoloan on di lehon angka Pancarian Na lomak,Dohot Hasehaton,jala Gogo na imbaru Lao mandalani akka dalan Na rahis

Artinya:Didalam kelahiran anak di tengah-tengah keluarga baru ini,kita patut mengucapkan Terimakasih ke hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa,Supaya ke depannya kita diberi Rejeki yang berlimpah ruah serta kesehatan,dan tenaga baru untuk menjalani segala hari-hari sulit.

Itulah beberapa ucapan selamat atas kelahiran bahasa Batak ,sebenarnya masih banyak lagi kata-kata selain di atas,kamu boleh menambahkanya di kolom komentar,jika bagus akan di masukkan kedalam artikel ini di update selanjutnya.

Kesimpulan:


Batak adalah Suku Yang Paling Melekat akan hal-hal tradisional.jika kamu suku Batak alangkah baiknya mempelajari segala Adat-istiadat dari kehidupan suku kamu sendiri,serta menanamkannya pada generasi terbaru selanjutnya,supaya tidak tergerus dan di telan oleh jaman.

Budaya adalah ciri khas kita sebagai orang Batak,mari kenalkan itu sampai tingkat internasional hingga seluruh dunia Mengenalnya.Batak adalah Darahku...!

 


Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Kata-kata Dalam Bahasa Batak Yang Disertai Dengan Arti Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:




Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak