Ternyata Inilah Makna Dan Kegunaan Ulos Mangiring Pada Suku Batak

Wargabatak.blogspot.com ,Ternyata Inilah Makna Dan Kegunaan Ulos Mangiring Pada Suku BatakUlos Batak adalah Kain tenun khas Batak Yang Memiliki beragam motif. dari segi tampilanya yang di bentuk berupa selendang,maupun baju(rompi).


Kata 'Ulos' adalah bahasa batak yang jika di artikan kedalam bahasa nasional indonesia adalah 'selimut'.Namun Ulos dari tenunan khas Batak ini bukanlah Seperti selimut yang di pakai pada umumnya oleh manusia.benda  ini  memiliki sejarah perjalanan Ulos yang panjang dari sejak adanya suku Batak.

Ulos Batak sendiri,memiliki makna Yang terkandung di setiap jenis dan motifnya pada Ulos Batak,dan itu sudah merupakan warisan Budaya Indonesia yang selalu di ikuti dengan perayaan Hari Ulos Nasional  akan  di peringati pada Tanggal 17 oktober setiap Tahunya.

Pemakaian Ulos Batak akan selalu terlihat dalam berbagai upacara maupun adat tradisional suku Batak,dan tidak jarang bagi Turis domestik maupun non domestik yang berkunjung ke danau Toba Sumatera Utara,menjadikan ulos Batak sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang ke Negara masing-masing.


Salah satu jenis ulos Batak yang akan di bahas Pada Artikel ini adalah Ulos Mangiring dimana ulos ini biasanya akan di berikan pada Anak perempuan yang melahirkan pada suku batak.mengapa di berikan kepada Boru?makna Apa saja yang terkandung dalam motif ulos Mangiring?

Ternyata Inilah Makna Dan Kegunaan Ulos Mangiring Pada Suku Batak
Gambar:Wargabatak.blogspot.com|Ulos Mangiring

Karena motif dan corak pada ulos ini dibuat secara iring-beriring,yang artinya ulos ini dilambangkan sebagai kesuburan dan kesepakatan.ulos ini dapat ditemukan di Tarutung sumatera utara yang memiliki banyak warna seperti :biru,hijau,kuning,merah,dan benang emas,namun tenunan ulos ini paling banyak di dominasi warna merah dan hitam.

Ternyata Inilah Makna Dan Kegunaan Ulos Mangiring Pada Suku Batak


Diberikan Kepada Anak Perempuan:


Mengapa ini sering di berikan kepada anak perempuan yang melahirkan ?Hal ini karena masyarakat Suku Batak memiliki kepercayaan banyak anak artinya banyak rezeki. Ulos ini juga sekaligus sebagai ungkapan doa, karena anak-anak merupakan harta kekayaan yang paling berharga.Seperti Istilah dalam suku Batak:(Maranak17,marboru16)(anakkon Hi do hamoraon di AU).
Ulos ini tidak digunakan pada acara Adat,namun lebih sering biasanya diberikan oleh kakek atau nenek dari pihak perempuan kepada anak perempuannya setelah melahirkan anak pertama.

Makna Ulos Mangiring


Makna Pemberian ulos mangiring ini,merupakan doa dan permohonan,jika satu anak sudah lahir,makan akan lahir pula adik maupun saudaranya sebagai temanya Yang seiring dan sejalan.serta pada kepercayaan suku Batak ulos ini dapat memberikan keselamatan,kesehatan serta dijauhkan segala hal buruk dari ibu dan anaknya.ini juga dapat kita berikan kepada keluarga maupun sahabat,serta teman dekat sebagai hadiah atas kelahiran bagi keluarga yang kita sayangi.

Kegunaan Ulos Mangiring:

Ulos Mangiring biasanya di pakai sebagai pengikat kepala bagi pria dan kerudung untuk wanita sebelum memiliki anak pertama.dan digunakan juga sebagai gendongan bayi(parompa).Ulos Mangiring , Bisa juga dipakai untuk acara atau dijadikan selendang dan scarf, Tardidi, Mebat, Ulos Pahopu/cucu,

Itulah Ulos Mangiring Pada Suku Batak,Serta Makna Dan Kegunaannya.Tentu ini patut kita ketahui sebagai darah suku Batak,karena ulos adalah harta sejarah peninggalan nenek moyang yang harus di lestarikan penerusnya.

Itulah Makna Dan Kegunaan Ulos Batak Mangiring yang Ada Pada Suku Batak.

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak