-->

10 Umpasa Suku Batak Dan Artinya Untuk Pengantin Di Acara Pernikahan

 Wargabatak.blogspot.com ,10 Umpasa Suku Batak Dan Artinya Untuk Pengantin Di Acara Pernikahan.Dalam Pesta Pangolihon/Pamulihon(Pernikahan)Suku Batak tentu kita sangat familiar dengan adat dan Budayanya yang begitu kental.Terutama dalam pesta upacara pernikahan suku batak,setiap pasangan mempelai wajib menjalani Langkah demi langkah agar pasangan dinyatakan resmi diakui sebagai rumahtangga baru secara adat dan agama.


Jika kita menyaksikan pernikahan pada suku batak tentunya sangat Unik.setiap Pasangan yang akan menjadi keluarga rumahtangga baru akan selalu diberikan Nasehat/nasihat orangtua,Serta Keluarga dari kedua belah pihak Pengantin yang akan resmi menjadi Rumah Tangga Baru.


Nasehat tersebut Bisa Berupa Kata-kata Umpasa,Poda Tulus,Serta Pesan-pesan Berharga Sebagai Bekal Hidup Untuk calon Pengantin yang Menikah.

Bukan tanpa alasan,Karena Kata-kata atau Umpasa Batak ini adalah berupa Ucapan Doa permintaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa Supaya Keluarga yang Baru menikah ini diberikan Berbagai Berkat,Rejeki,Keturunan,Dan Kecukupan Dalam Hidup serta Kebahagiaan,dan masih Banyak Lagi Pesan-pesan Positif Yang terkandung dalam umpasa yang disampaikan.


Pada kesempatan ini,Blog Warga Batak Akan Merangkum umpasa batak yang sering diucapkan dalam upacara pernikahan Suku Batak Berserta Arti Dan Makna Yang Terkandung Didalamnya. Simak:

10 Umpasa Suku Batak Dan Artinya Untuk Pengantin Di Acara Pernikahan

10 Umpasa Suku Batak Dan Artinya Untuk Pengantin Di Acara Pernikahan
Gambar:wargabatak.blogspot.com|Pengantin Pernikahan Suku Batak


1.Uli pe Pinggan Hayu,Ulian Pe Pinggan Pasu,Sai Boru Na Pinamuli Manjalo Pasu-Pasu(Cantik Pun Piring Kayu Lebih Cantik Piring Upah,Berketurunanlah Putri Yang Di Nikahkan Yang Telah Mendapat Pemberkatan).

Artinya:Sebuah Doa Harapan Supaya Putri Wanita Yang Dinikahakan Diberikan Keturunan Oleh Tuhan Yang Maha Esa,Karena Perempuan Adalah Pemberi Garis Keturunan Bagi Suaminya.

2.Sahat-Sahat Ni Solu,Sai Sahat Ma Tu Bontean,Leleng Ma Hita Mangolu Asa Sahat Tu Panggabean.( sampailah Sampan Pada Pelabuhan,Semoga Panjang Umur Agar Tercapai Angan,Cita-Cita Dan Tujuan).

Artinya:Sebuah Doa Harapan Supaya Apa Yang Kita Mimpikan Maupun Cita-citakan Dapa Tercapai Samapai Tujuan Yang Kita Harapkan.

3.Gadu-Gadu Ni Silindung,Tu Gadu-Gadu Ni Sipoholon,Sai Tubu Ma Anakmuna 17 Borumuna 16(Benteng-Benteng Di Silindung Ke Benteng-Benteng Sipoholon,Semoga Lahir Anak Laki-Laki Berjumlah 17 Dan Perempuan Beejumlah 16).

Artinya:Pengertian Dari Anak Laki-laki 17 Dan Perempuan 16 Adalah Merupakan Pengelolaan Gender.Dalam Suku Batak Diharapkan Anak Laki-Laki Lebih Banyak Dibandingkan Perempuan Karena Seorang Laki-Laki Dalam Suku Batak Penerus Nama Dan Marga Dalam Keluarganya.

4.Bona Ni Pinasa Hasangkotan Ni Jomuran,Tung Aha Pe Dijama Hamu,Sai Ting Ma Dipasu-Pasu Tuhan.(Batang Nangka Dijadikan Jemuran,Apapun Yang Tangan Pegang,Semoga Tuhan Memberkati).

Artinya:Doa Harapan,Apapun Yang Menjadi Pekerjaan Yang Berumah Tangga Serta Apapun Yang Dipegang Oleh Tangan Mereka Semoga Di Berkati Oleh Tuhan,Dan Menjadi Rezeki Ditengah-Tengah Keluarga Mereka.

5.Bintang Na Rumiris Tu Ombun Na Sumorop,Anak Pe Riris Boru Pe Torop.(Bintang Yang Bertaburan,Embun Yang Menebal,Putra Yang Jumlahnya Tak Terhingga Serta Putri Juga Jumlahnya Banyak.

Artinya:Doa Harapan,Laki-laki Yang Banyak Sebagai penerus Keturunan Dari Marga Ayah,Sedangkan Perempuan Menjadi Milik Suaminya Kelak.Karena Memiliki Banyak Keturunan Merupakan Kekayaan Bagi Orang Batak(Anak Hamoraon).

6.Tubu Ma Tambissu Di Toru Ni Pinasa,Sai Tubu Ma Di Hamu,Anak Nabisuk Dohot Boru Nauli Basa(Tumbuhlah Pohon Tembisu Di Bawah Pohon Nangka,Semoga Lahir Anak Yang Bijaksana Dan Putri Yang Cantik).

Artinya:Doa Harapan Supaya Pasangan Yang Menikah Melahirkan Anak Yang Bijaksana Dan Putri Yang Cantik Jelita.

7.Binuat Ma Hau Toras, Baen Tiang Ni Sopo Di Balian,Sai Gabe Ma Hamu Jala Horas-Horas Tiur-Tiur Ma Nang Pansarian.( Diambillah kayu Yang Sudah Tua Buat Tiang Gubuk Di Ladang,Semoga Kalian Sukses San Selalu Diikuti Oleh Rezeki).

Artinya:Doa Harapan Untuk Pasangan Supaya Bekerja Keras,Diberi Kesehatan,Agar Rejekinya Lancar Dan Cepat Kaya Raya.

8.Jumpang Na Niluluan,Dapot Na Jinalahan,Ima Dongan Sahaholongan Dohot Dongan Sapanghilalaan.(Menemukan Yang Dicari Dari Apa Yang Dijalani,Itulah Teman Yang Saling Menyayangi Dan Teman Sepenanggungan).

Artinya:Pasangan,Suami,Maupun Istri Dialah Teman Menjalani kehidupan,Dialah Temanmu Dalam Hidup ini,Teman Untuk Bertukar Pikiran,Supaya Keinginan Tercapai Dalam Keluarga Tersebut.

9.Diginjang Ma Arirang,Ditoru Panggaruan,Unang Dihatai Sirang Molo Dung Marhajabuan(Diataspah Burung Enau,Dibawalah Panggaruan,Jangan Membicarakan Perceraian Jika Sudah Berumah Tangga).

Artinya:Doa Harapan Kepada Orang Yang Sudah Menikah Supaya Tidak Boleh Berpisah Jika Sudah Merajut Rumah Tangga.Oleh Karena Itu,Maka Dalam Suku Batak Tentunya Sangat Jarang Kita Jumpai Keluarga Yang Bercerai.Karena Hal Tersebut Merupakan Harapan Orang Banyak Untuk Keluarga Yang Sudah Menikah.

10.Andor Hadukka Ma Patogu-Togu Lombu,Sai Sarimatua Ma Hamu,Tu Napatogu-Togu pahompu.(Tumbuhlah Tali Untuk Menuntun Lembu,Semoga Kalian Panjang Umur Sampai Menimang cucu)

Artinya:Doa Harapan Bagi Pasangan Yang Sudah Menikah Diberikan Panjang Umur Oleh Tuhan Yang Maha Kuasa Supaya Kelak Dapat Menimang Cucu Di Hari Tua.

Itulah Umpasa Suku Batak Dan Artinya Untuk Pengantin Di Acara Pernikahan Yang Sering Di Ucapkan Di Acara Pesta Pernikahan Suku Batak yang sekaligus Merupakan Doa Dan Harapan Bagi  yang Sudah Menikah

Umpasa Batak Toba Ini,Akan selalu Di sampaikan Ketika ada Acara Pernikahan Suku Batak Sebagai Bentuk Nasihat san Doa Harapan Untuk Calon Yang akan Merajut Rumahtangga Baru.







0 Response to "10 Umpasa Suku Batak Dan Artinya Untuk Pengantin Di Acara Pernikahan"

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
đź‘‹HORASđź‘‹

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel