-->

Jenis Suku Batak Di Indonesia Dan Perbedaanya

 Wargabatak.blogspot.com ,Jenis Suku Batak Di Indonesia Dan Perbedaanya.Suku Batak adalah salah satu suku yang berasal dari sumatera utara (Sumut).suku ini terkenal penyebaranya di mana mana sampai ada juga yang sudah menetap di luar daerah indonesia seperti di negara negara internasional (luar negeri).


di indonesia,suku paling terbesar adalah suku batak. karena suku batak terdiri dari rumpun suku-suku  yang memiliki jenis,baik dari nama,bahasa,budaya,dan adat istiadat.


Jenis Suku Batak Di Indonesia Dan Perbedaanya


Jenis Suku Batak Di Indonesia Dan Perbedaanya
suku batak

bicara soal Agama jika di pandang secara umum oleh suku suku lainya banyak yang beranggapan bahwa suku batak ini hanyalah menganut kepercayaan agama kristen.

Namun kenyataanya jika di perhatikan secara mendalam ternyata suku batak bukanlah hanya beragama kristen,tentunya ada juga yang beragama muslim.

seperti batak mandailing dan batak angkola mayoritas menganut agama muslim,sementara mayoritas batak toba menganut agama kristen dan batak karo dan batak pak pak kedua suku batak ini memili pola mayoritas yang seimbang antara agama kristen dan agama nasrani.

di balik itu, suku lain juga beranggapan bahwa suku batak ini hanyalah satu macam,namun perlu anda ketahui suku batak juga memilik 5 macam suku batak yang Diketahui Dari sejarah Suku Batak  Namun Di Jaman Moderen Sekarang ini,banyak pihak-pihak Tertentu yang mengatakan Istilah "Karo Bukan Batak,"Mandailing Bukan Batak","Pak-pak Bukan Batak","Simalungun Bukan Batak,"Namun Bukti Nyata yang Mengatakan Hal Tersebut Belum Dapat Di perifikasi Kebenaranya Sampai Saat ini.Jika Hal itu Benar Adanya?Lalu Siapakah Batak Yang Sebenarnya? seperti yang sudah di tuliskan di awal Artikel tadi,Jika Mengikuti Literatur Yang Berlaku Selama Ini ke lima suku tersebut adalah Sebagai Berikut:

1.Batak Toba

Batak Toba) merupakan sub atau bagian dari suku bangsa batak yang lokasinya meliputi kabupaten toba samosir, kabupaten humbang hasundutan,kabupaten tapanuli utara,sebagian kabupaten dairi,kabupaten tapanuli tengah,kota sibolga dan sekitarnya.
Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut bahasa batak toba


2.Batak Karo

adalah suku batak yang mendiami wilayah sumatera utara dan sebagian aceh.suku batak karo ini merupakan suku ter besar di sumatera utara.
Nama suku ini dijadikan salah satu nama Kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu tanah karo yang terletak di kabupaten karo. Suku ini memiliki bahasa sendiri yang disebut bahasa karo atau Cakap Karo.

3.Batak Pak Pak

Suku Batak pak pak tersebar di beberapa kota / kabupaten yakni Dairi,pak pak barat,humbang hasundutan,tapanuli tengah,kabupaten aceh singkil,dan kota subussalam provinsi aceh.

4.Batak Simalungun

Suku batak Simalungun menetap di kabupaten simalungun dan sekitarnya.
Beberapa sumber menyatakan bahwa leluhur suku ini berasal dari daerah india Selatan tetapi ini hal yang sedang diperdebatkan. Sepanjang sejarah suku ini terbagi ke dalam beberapa kerajaan. Marga asli penduduk Simalungun adalah Damanik, dan 3 marga pendatang yaitu, Saragih, Sinaga, dan Purba. Kemudian marga marga (nama keluarga) tersebut menjadi 4 marga besar di Simalungun.

5.Batak Angkola/Mandailing

salah satu sub-etnis dari suku batak Tanah ulayat Suku Angkola berada di wilayah geografis Tapanuli bagian selatan (tabagsel) yang meliputi kabupaten tapanuli selatan,kabupaten padang lawas,padang lawas utara,dan kota padang sidempuan.

Suku Angkola memiliki hubungan yang sangat erat dengan suku batak mandailing karena disebabkan oleh persamaan bahasa, budaya, adat istiadat, hingga agama.

Perbedaan Adat,Ciri khas dari kelima suku batak ini adalah:

Bahasa

 meskipun di kategorikan suku batak ternyata bahasa yang di pakai di setiap ke lima suku ini berbeda beda.nama nama bahasa tersebut persis dibuat menurut nama suku bataknya seperti: bahasa karo,bahasa toba,bahasa simalungun,bahasa pak pak,bahasa angkola(mandailing).

tapi ada juga orang orang tertentu dari suku batak ini menguasai ke 5 bahasa tersebut.

Adat Istiadat

Meskipun memiliki nama suku yang sama yaitu suku batak,ternyata adat istiadat yang di anut oleh setiap suku batak memiliki perbedaan. baik dari susunan acara terhadap upacara tertentu.namun sebagian memiliki kesamaan.

Pakaian

Pakaian yang di kenakan pada acara upacara budaya di setiap suku batak juga memiliki perbedaan,namun sebagian juga memiliki kesamaan.

Kesimpulan:Berbagai Versi Cerita Sangat Banyak yang membahas Tentang sejarah,kelompok Suku,Adat, Dan Asal-Usul Suku Batak,Dari Sub Suku Tersebut,Hanya Batak Tobalah Yang Menyatakan Diri Sebagai Suku Batak Tanpa Ada Istilah seperti Karo bukan batak,simalungun bukan batak,mandailing bukan batak,pak-pak bukan batak.

Namun Meski Begitu Demikian,Perlu Kita ketahui,Indonesia sendiri memiliki keberagaman Suki,Budaya,Adat,Tradisi,Dan Lain Sebagainya.Alangkah Baiknya Perbedaan ini menjadi warna-warni Indonesia yang bisa melahirkan Toleransi Dan Menjunjung tinggi NKRI(Negara Kesatuan Republik Indonesia) Demi Tercapainya Kemajuan Ditengah-tengah Mayarakat Indonesia.

0 Response to "Jenis Suku Batak Di Indonesia Dan Perbedaanya"

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
đź‘‹HORASđź‘‹

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel