-->

Cerita Lengkap Legenda Batu Marsiompaan

 Wargabatak.Cerita Lengkap Legenda Batu Marsiompaan.Cerita Rakyat yang datang dari Tanah Batak,Tentunya sangat banyak,meskipun tidak setenar kisah Danau Toba Atau Samosir.Namun,Cerita Rakyat ini,sudah menjadi Sejarah nyata yang ada di tanah batak,dimana di barengi dengan bukti nyata berupa Bentuk fisik seperti cerita legenda batak yang mengangkat nama "Batu Marsiompaan"Yang jika di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia Artinya Batu "Bertindih","Berpelukan","Bergendongan".

Cerita Lengkap Legenda Batu Marsiompaan
Gambar Ilustrasi,Cerita Batu Marsiompaan


Nah,Bagi kamu yang penasaran Dengan cerita batak yang sudah melegenda ini,Pada Kesempatan ini,Blog warga Batak Akan merangkum cerita Lengkap Legenda Batak Batu Marsiompaan.Berikut Kisah Lengkapnya:

Cerita Lengkap Legenda Batu Marsiompaan

Legenda Batu marsiompaan di Samosir Alkisah Batu marompa ini bermula ketika sepasang kakak beradik menjalin Asmara semenjak kecil. kedekatan Mereka terlihat berbeda saudari hubungan kakak-adik seperti biasanya.


Suatu ketika marahlah orangtua mereka Dengan Mengatakan "Apa yang kalian lakukan Membuat malu keluarga"."kalian adalah Marito Bagaimana mungkin kalian Menjalin Cinta"? Jangan lakukan lagi kalian harus saling menjauhi,mengerti??


Singkat cerita karena tidak ada perubahan dan mereka masih saja bersama dan tampak semakin mesra maka kedua orangtua mereka bersepakat untuk memisahkan mereka. sang kakak diantar ke rumah paman atau tulang dan pada perempuan tetap berada di rumah dengan harapan mereka tidak bertemu lagi.


Namun hal ini semua sia-sia teman sepasang kakak beradik itu berusaha saling bertemu kemanapun Mereka pergi sehingga suatu hari mereka pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar bersama dengan kelompok masyarakat lainnya.


 Namun di tengah pencarian kayu bakar mereka menjauh dari kelompoknya,sehingga kuat dugaan mereka melakukan hubungan asmara di hutan hingga malam tiba mereka tak kunjung juga pulang.


"ito cinta ini hadir begitu saja walaupun kamu adalah itoku namun aku sangat mencintaimu biarlah hutan ini menjadi saksi bahwa kita akan tetap bersama dan tidak akan terpisahkan"Berjanjilah Ito jangan tinggalkan aku ucap adiknya. ya ito,kita akan tetap bersama mulai hari ini sampai selamanya jawab kakaknya.


Akhirnya mereka berdua memutuskan malam itu tinggal di hutan,jauh dari orang tua dan tetangga-tetangga mereka.


 Keesokan harinya, orangtua mereka sadar bahwa kedua anaknya tidak ada dalam rombongan.lalu kedua orangtuanya memutuskan untuk mencari ke dalam hutan.


Setelah mencari kesana kemari maka ditemukanlah jejak mereka yang telah berubah menjadi batu yang bertindih atau marompa.nah,Cerita ini juga mengingatkan bahwa di masyarakat Batak yang Marito atau semarga tidak boleh saling menikah.


 Samosir merupakan sebuahKabupaten dengan sejuta keindahan tempat wisata yang tidak ada habis-habisnya.mutu yang diterapkan oleh Pemda Samosir untuk memajukan pariwisata Samosir adalah negeri Indah kepingan surga.ya,Samosir dikenal masyarakat Indonesia karena kekayaan budaya Batak Toba.


 Selain itu Samosir juga dikenal dengan indahnya panorama alam yaitu Danau Toba bukan hanya kalangan Indonesia,terkenal Danau Toba hingga luar negeri tidak terlepas dari Pulau Samosir.


 Pulau Samosir menyimpan beragam keindahan mulai dari pemandangan alam kebudayaan lokal hingga peninggalan dan kisah sejarah yang menarik untuk ditelusuri salah satunya adalah batu Marsi ompaan batu marsioppaan merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Samosir.


Dalam cerita rakyat batu ini menjadi salah satu bukti atau menjadi tanda bahwa hubungan saudara atau incest tidaklah dapat berlangsung dari kehidupan masyarakat batak.Bagaimana tidak,setiap tahunnya daerah yang berada di tengah danau toba yang merupakan danau terluas di Asia Tenggara ini selalu melahirkan tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata dengan keindahan dan tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.


Nah,itulah Cerita rakyat ini pun menjadi salah satu dijadikan tujuan wisata karena memang pemandangannya yang sangat eksotis.perjalanan menuju ke tempat ini juga tidak tergolong mudah.


lokasi Batu Marsiomppaan ini dapat ditempuh dari daerah Tomok kemudian Pangururan lalu menuju pelabuhan tarabunga Setelah itu kita akan menyebrang menuju titik mendaki menuju Batu Marsiomppan. Nah, jalanan yang terjal dan tergolong tinggi tidak akan terasa menghalangi karena pemandangan yang disajikan sepanjang perjalanan sangat mempesona.


 Luar biasa indahnya pemandangan di seputaran Danau Toba untuk menikmati pesona batu marsioppaan,tidak ada pungutan Biaya apapun bagi setiap pengunjungnya.


 Pengunjungnya hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja. rute menuju Batu marompa yakni pengunjung bisa menggunakan jalur telek setelah ditemukan Simpang ke arah Desa,Tambak Dolok.


Nah itulah tadi Cerita Lengkap Legenda Batu Marompa di Samosir.jika ada kesalahan dalam penyampaian legenda Mohon dimaafkan.untuk kritik dan saran yang membangun langsung saja tinggalkan pesan di kolom komentar.Terimakasih ,Horas!!.

0 Response to "Cerita Lengkap Legenda Batu Marsiompaan"

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
đź‘‹HORASđź‘‹

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel