-->

Legenda Ihan Batak,Yang Diyakini Jelmaan Boru Siagian

 Wargabatak.Legenda Ihan Batak,Yang Diyakini Jelmaan Boru Siagian.Tanah Batak tentunya memiliki keberagaman Legenda yang tidak kalah menarik dari cerita kisah yang paling dikenal yaitu asal Muasal Danau Toba,Samosir.Memiliki kearifan lokal Maupun budaya,adat ustiadat,Tanah Batak juga tidak ketinggalan dengan berbagai cerita kisah yang sudah melegenda sampai saat ini.

Legenda Ihan Batak,Yang Diyakini Jelmaan Boru Siagian
Ihan Batak diyakini jelmaan boru batak siaguan


Cerita batak ini akan selalu dikisahkan kembali sebagai Bentuk Cerpen Atau dalam bahasa batak sering disebut (Turi-turian).pada Artikel ini salah satu kisah yang akan kami rangkum adalah Legenda Ihan Batak,Yang Diyakini Merupakan Jelmaan Boru Siagian.

Legenda Ihan Batak,Yang Diyakini Jelmaan Boru Siagian


legenda Ihan Batak jelmaan Boru Siagian dahulu kala hiduplah Namboru Boru Siagian ditengah-tengah keluarga yang sederhana parasnya cantik dan hatinya sangat tulus sehingga setiap doa yang dia panjatkan kepada Mulajadi nabolon atau sang pencipta selalu dikabulkan.

Orangtuanya yang menyadari kelebihan putrinya berusaha menyembunyikan talenta Putrinya dari dunia luar.setiap ada sesuatu yang diinginkan oleh bapaknya Boru Siagian selalu diminta berdoa dan selalu dikabulkan.

Hari lepas hari tahun lepas tahun dia pun tumbuh menjadi gadis berparas cantik tidak ingin kelebihan putrinya diketahui orang lain Namboru Boru Siagian pun dipingit orangtuanya dan dijauhkan dari dunia luar. singkat cerita, hingga Namboru Boru Siagian tumbuh dewasa orangtuanya berencana menjodohkannya dengan paribannya.

sayangnya,Namboru Boru Siagian menolak Perjodohan itu. "Ibu jangan paksa aku menikah dengan paribanku aku tidak mencintainya Ibu, ini berat bagiku ucapnya dengan sendu."

Singkat cerita tumbang karena tidak terima dengan Perjodohan itu lalu ia kabur dari rumah dia pun memilih bersembunyi di sebuah mata air dan sambil berdoa dengan Derai airmata Mula jadi nabolon aku mohon agar aku tidak jadi menikah dengan laki-laki pilihan orang tuaku Aku tidak menyukainya Aku
tidak mau menikah isaknya Dalam Ucapanya dan doanya pun dikabulkan. seketika tubuhnya berubah
menjadi ikan batak berwarna emas kemerahan dan iapun berenang dengan lincahnya.

Ihan Batak ini sangat jarang ke permukaan air dan dianggap sebagai jelmaan Namboru Boru Siagian karena keyakinan masyarakat lokal inilah sampai
sekarang Mual Sirambe dikenal sebagai habitat Ihan Batak yang dinilai sakral.

Pada suatu hari ada warga luar yang menjala Ihan Batak di mual sirambe tanpa permisi kepada penatuah adat Desa Bonan Dolok dua warga yang
mengetahui kejadian itu langsung melaporkan kepada pernatuah dan aparat desa.

kepada pelaku tetua Desa meminta agar mereka meminta maaf dengan membawa indahan nasinaok atau memberikan makan.

Sebagai permintaan maaf sadar akan kesalahan yang mereka lakukan mereka datang meminta maaf sambil Margondang di mual sirambe aturan yang diturunkan dari orang tua terdahulu sifatnya mengikat
dan tak satupun warga Bonan Dolok yang berani melanggar aturan tersebut.

 Menurut sejarah mual sirambe mulai dibangun pada tanggal 14 Mei 1953  oleh keturunan marga Siagian
bernama O sumurung Siagian dan ditandai dengan berdirinya sebuah monumen berbentuk mahkota di lokasi tersebut.

Sebuah batu yang terletak di tengah muat sirambe kerap dijadikan pengunjung sebagai tempat meletakkan persembahan atau sesajen berupa jeruk purut dan daun sirih.batu tersebut diyakini sebagai
tempat Namboru Boru Siagian berdoa sebelum berubah menjadi Ihan Batak.

Cerita mual sirambe hingga kini masih diceritakan secara turun temurun kepada anak-anak di sekitar mual sirambe dan menjadi cerita tersendiri yang menyimpan misteri Namboru Boru Siagian.

Saat ini mual sirambe mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal ya Selain memberikan kesejukan mulai sirambe juga sering diambil sebagai obat.Sayangnya Pemkab Toba belum memprioritaskan pengembangan mual Sirambe sebagai salah satu objek wisata berbasis budaya di Kabupaten Toba.

Mual sirambe selain menarik dari sisi mitosnya juga terkesan esxotic karena bisa berinteraksi secara langsung dengan Ihan Batak di lokasi tersebut.jadi
pengunjung yang ingin berinteraksi langsung dengan ihan Batak diharapkan membawa makanan berupa kacang tanah yang dihaluskan atau nasi untuk diberikan kepada ikan.

 Ratusan ekor Ihan Batak akan berkerumun merebut makanan yang ditaburkan oleh pengunjung,momen ini menjadi daya tarik dan sensasi yang Takkan Terlupakan oleh pengunjung.

Mual Sirambe  terletak di desa Bona 02 Kecamatan Balige Kabupaten Toba dengan jarak tempuh 18 km dari pusat kota Balige mual sirambe bisa dilalui menggunakan roda dua dan roda empat dengan kondisi jalan yang cukup baik.

Mual Sirambe dikenal dari dulu sebagai mata air yang sumber airnya berasal dari bawah bebatuan besar dan membentuk anak sungai disebut di sungai sirambe.kualitas air sirambe sangat bagus dan
jernih teman memungkinkan untuk syarat hidup ikan yang sudah hampir langka ini yaitu hanya bisa hidup pada air jernih yang terus mengalir deras dengan suhu relatif rendah 21-25 derajat Celcius kebiasaan dari ikan ini berkelompok dan beriring atau mudur Udur Ihan Batak dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan ikan jurung atau torsoro dalam budaya Batak Ihan Batak merupakan bagian dari tradisi yang tidak terpisahkan.

Hampir dalam setiap Adat batak yang sakral dengan Batak selalu disajikan sebagai sembahan dan perantara meminta doa kepada Tuhan mendapatkan berkat,kesehatan,rezeki dan keturunan hingga kini diyakini masyarakat sekitar bahwa Ihan Batak yang hidup dimual sirambe tidak boleh diambil dan dibawa pulang.

jika melanggar aturan ini dipercaya orang tersebut akan mengalami sakit parah bahkan hingga menahun.ikan yang diambil juga bila di masa tidak bisa matang sempurna bagi pengunjung yang ingin datang ke tempat ini dihimbau menjaga kesopanan dan tidak membuang sampah sembarangan kepada pengunjung yang beruntung akan melihat Ihan Batak
berukuran besar dengan bentuk kepala berbeda dari ihan Batak umumnya dan berwarna merah keemasan muncul dipermukaan mual sirambe.

Nah, ikan tersebut membawa keberuntungan dan
keberkahan bagi yang melihatnya itupun jika tidak terkejut. bagi yang terkejut melihatnya diyakini sebagai pertanda akan mengalami hal-hal buruk maka untuk mengantisipasi hal yang tidak baik tersebut biasanya akan dilakukan upacara Mangupa atau manggele Tondi dengan menggunakan Ihan Batak sebagai perantara doa.

Nah itu tadi adalah legenda Ihan Batak jelmaan Boru Siagian jika ada kesalahan dalam penyampaian legenda ihan Batak Ini, Mohon dimaafkan untuk kritik yang membangun langsung saja tinggalkan di kolom komentar menjadi bijak menjadibcermat itu penting terima kasih.






0 Response to "Legenda Ihan Batak,Yang Diyakini Jelmaan Boru Siagian"

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
đź‘‹HORASđź‘‹

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel