-->

Sejarah Tanah Batak Cerita Lengkap Legenda Batu Gantung

 Warga Batak.Sejarah Tanah Batak Cerita Lengkap Legenda Batu Gantung.Legenda Batu Gantung di Parapat dan si cantik Seruni.Pada zaman dahulu kala terdapat sebuah desa kecil di pinggir Danau Toba Sumatera Utara Ada sepasang suami istri yang mempunyai seorang putri nan cantik jelita bernama Seruni.

Sejarah Tanah Batak Cerita Lengkap Legenda Batu Gantung
Batu Gantung Kota Parapat


kecantikan Seruni membuat banyak Pemuda jatuh hati padanya. namun, Seruni telah menjatuhkan pilihan pada seorang pria Pujaan hatinya.


Suatu hari Seruni Pergi ke ladang bersama anjing kesayangannya bernama Toki namun bukannya bekerja,Seruni hanya merenung dan memikirkan nasibnya yang dijodohkan pria yang tidak dicintainya Di tepi danau toba.


Di satu sisi ia tidak ingin menyakiti hati kedua orang tuanya dengan menolak dijodohkan, tapi disisi lain ia

tidak ingin berpisah dengan kekasih yang sangat ia cintai.Seruni pun merasa masalah ini sangat sulit dipecahkan.


Menurut cerita atau Teman, calon suaminya Seruni adalah pria bodoh namun tergolong kaya raya sang gadis yang tidak mau menikah dengan sepupu atau paribannya pun sangat sedih karena ia juga tidak

ingin memberontak terhadap kedua orang tuanya.


Orang tua Seruni bermata pencaharian sebagai petani sehingga Seruni pun sering membantu mereka di ladang yang berada di tepi danau toba.


Suatu hari ketika orang tua Seruni sedang pergi ke desa tetangga maka Seruni pun pergi ke ladang hanya ditemani oleh sitologi seekor anjing kesayangan milik Seruni.


 ternyata Seruni tidak langsung bekerja,tetapi ia hanya menikmati pemandangan Danau Toba yang sangat indah.


Tatapan matanya Sayu seperti sedang memikirkan masalah yang sangat berat sekali si Toki pun ikut

Duduk menemani Seruni seolah-olah dia tahu apa yang sedang dirasakan oleh majikanya.


Beberapa hari ini Seruni memang sering melamun

ini dia sedang bingung dengan masalah yang sedang menimpanya tiba-tiba.Seruni pun tak kuasa untuk menahan diri dia tidak tahu lagi harus berbuat apa

sepertinya Seruni sudah putus asa hingga tiba-tiba dalam pikirannya ia ingin mengakhiri hidupnya.


Oh iya dengan wajah kusut dan mata yang sembab karena menangis Seruni pun berlari menuju kearah Danau Toba dia ingin menceburkan dirinya di tengah-tengah danau tetapi tiba-tiba Seruni terperosok ke dalam lubang Sebelum ia sampai ke Danau Toba karena lubang itu dalam sekali dan batu Cadas yang hitam sehingga membuat suasana didalam dasar lubang gelap sekali.


Seruni pun berteriak ketakutan dia berusaha memanggil si Toki untuk menolongnya uh hihihi huhuhu huhuhu hihihi suara teriak kesakitan dan itulah yang keluar dari mulut Seruni tetapi Apa Daya sitoki yang dari tadi memang selalu mengikuti tidak di belakang tidak bisa berbuat apa-apa karena dia hanyalah seekor anjing.


setelah lelah teriak untuk meminta tolong Seruni pun putus asa dan berkata kalau dia ingin mati saja daripada nanti hidup tapi menderita 


Batu-batu di dalam lubang yang semakin dekat merapat ingin menghimpit Seruni.Seruni pun berteriak pada batu-batu itu rapat Parapat batu Parapat lah toki yang sedari tadi berusaha menolong Seruni tidak bisa berbuat apa-apa kemudian Anjing itu berlari pulang kerumah.


dijumpainya orang tua Seruni yang baru pulang dari Desa tetangga kemudian sitoki menggonggong berusaha untuk memberitahu bahwa Seruni dalam keadaan bahaya orang tua Seruni berteriak-teriak

pada sitoki bertanya dimana Seruni.


anjing itu cakar cakar tanah berusaha untuk memberitahu keadaan Seruni Mereka pun tiba-tiba mempunyai firasat jelek kemudian mereka meminta tolong pada warga untuk membantu mencari Seruni.


warga desa pun mengikuti kemana arah si Toki berlari akhirnya mereka berada di tepi lubang dimana Seruni terperosok saat Ayah Seruni berniat masuk lubang itu untuk menyelamatkan putrinya terdengarlah suara gemuruh diikuti gempa bumi yang sangat dahsyat.


Lubang batu pun tiba-tiba merapat dan tertutup,mereka hanya mendengar suara serulit terus berteriak-teriak parapat Parapat batu pada fatwa Mereka pun kebingungan kenapa Seruni berteriak seperti itu.


keluarga dan orang tua Seruni pun berlarian menyelamatkan diri akhirnya Seruni pun tidak tertolong lagi karena terhimpit batu dan setelah keadaan normal kembali para warga pun kembali ke

lubang dimana Seruni jatuh tetapi keanehan terjadi muncul batu yang menyerupai gadis menggantung di tepi sebuah tebing didanau toba pada saat rambut Si Gadis tersangkut di salah satu pepohonan yang tumbuh di tepi jurang dan mereka percaya kalau batu itu adalah jelmaan Seruni.


karena pada waktu itu warga mendengar Seruni berteriak Parapat maka mereka pun menambahkan batu itu dengan nama Parapat dan sekarang menjadi kota kecil yang menjadi tujuan wisata yang sangat menarik di Provinsi Sumatera Utara.


 Batu Gantung terletak di Kota Parapat Kabupaten Simalungun Sumatera Utara jaraknya sekitar 170 kilometer dari Medan dan dapat dicapai dengan berbagai kendaraan namun Ada pendapat mengatakan ia menurut pengamat geologi John Jose Ia menjelaskan bahwa Batu Gantung mungkin tercipta dari lapak andesit yang memiliki kekentalan tinggi perubahan temperatur ekstrim pasca letusan Gunung Toba outbound buatlab andesit yang hampir jatuh ke danau dari tebing membeku menjadi batuan desir.


pembentukan batu gantung kemudian disempurnakan oleh proses pelapukan dan erosi batu di sekitarnya nah batu yang tersisa ini kemudian menjadi Batu Gantung jadi Batu Gantung memang muncul tiba-tiba usai gempa yang sangat dahsyat akibat letusan toba 74000 tahun yang lalu.


Meski hingga kini belum ada yang tahu kebenaran legenda tersebut Namun kepercayaan itu sudah melekat kuat pada masyarakat di kota parapat yang konon di area Batu Gantung pengunjung dilarang mengeluarkan kata-kata kasar dan tidak senonoh karena akan membawa kesialan.Selain itu di dasar tebing konon juga terdapat sebuah lubang yang dihuni oleh makhluk bunian Oleh sebab itu setiap festival Toba berlangsung beberapa ketua adat memberikan Kata ucapan dari bawah Batu Gantung dan di gua kecil tempat makhluk bunian.


Batu Gantung ini sangat populer  tidak hanya di kalangan masyarakat Kota Parapat dan Sumatera Utara saja, namun hingga ke daerah lain di Indonesia

sehingga lokasi Batu Gantung ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer yang selalu menarik rasa penasaran bagi wisatawan yang datang ke Danau Toba.


lokasi ini selalu ramai didatangi oleh wisatawan toba,itulah Cerita Lengkap legenda Batu Gantung Parapat dan si cantik seruni.

0 Response to "Sejarah Tanah Batak Cerita Lengkap Legenda Batu Gantung"

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel