-->

Contoh Mandok Hata Di Ulaon Saur Matua Pada Adat batak

 Warga Batak.Contoh Mandok Hata Mauliate Di Ulaon Saur Matua Pada Adat batak.Dalam Bahasa Batak Saurmatua Diartikan Sebagai Orang Batak Yang Sudah Memiliki Keturunan,Baik Itu anak,Maupun Cucu Serta Cici Dari Anak Laki-laki Maupun Dari Putri Perempuan.


Dalam Bahasa Batak Saurmatua Artinya:Sehat Sampai Tua Berumur Panjang,Orangtua Yang Meninggal Dunia Semua Anaknya Telah Menikah(Marhasohotan)Dan Sudah Mempunyai Cucu(Pahoppu).


Pada Ulaon Adat Saur Matua,Pada Suku Batak,Tidak terlepas dari acara Atau momen Mandok Hata seperti ulaon adat yang lainya.Dimana Mandok hata/mengucapkan Kata biasanya Akan di perdengarkan oleh pihak Pamoruan,Hula-hula,Tulang,Raja Adat(Harajaon)Maupun utusan dari masyarakat/bagian Pemerintah Setempat seperti kepala desa maupun jajaranya.


Ucapan kata yang diucapakan di ulaon saur matua adalah Kata Doa maupun harapan,serta penghiburan bagi keluarga yang telah ditinggal (Rip).


Mandok Hata di ulaon Saur Matua pada Adat Batak,juga tidak ketinggalan dalam penyampaian Umpasa atau Umpasa Batak seperti Halnya pada Acara Adat Batak yang lain,Baik itu pernikahan,Mangapuli,mambosuri,Ulaon Unjuk Maupun Ulaon Upacara Adat yang lainya pada Tradisi dan Kebudayaan Suku Batak.


Untul Itulah Pada Topik Bahasan Artikel Ini,Blog Warga Batak Akan Menuliskan Contoh Kata-kata Ucapan atau mandok Hata mauliate pada Acara Saurmatua di adat batak.

 

Mandok Hata Mauliate Di Ulaon Saur Matua Pada Adat batak
Gambar:Ulaon Saur Matua Sumber:google.com

Contoh Mandok Hata Di Ulaon Saur Matua Pada Adat batak


Mandok Mauliate Ma Hita Tu Tuhan Pardenggan Basa,Ala Boi Dope Hita Marpungu Dibagasan Ombas On,Jala Di lehon dope Di Hita Ima Akka Tikki Na Denggan Di ari Partuat Ni Tulang Nami On(Sebutkan Nama Panggilan Oppu panggoaran Yang Meninggal) Tu Udean Ima Inganan Parsatokinan i.

Mauliate Ma Tadok Attong Tu Adopan Ni Pardenggan Basa I,Ala Dilehon do Di Tulang Nami on,Umur Saur Matua,Molo Masa Pe Namasa I,Sai Tuhani Ma Attong Namangapul Rohani Ganup Akka Sisolhot Na Di Tinggalhon ni tulang Nami on,Hita Do Na Marsakkap Alai Tuhan Do Napatulushon.


Dibahen i,Sai Rade Ma hita Rap Dohot Roha Na Sonang laho Paborhathon Tulang Nami On Tu Inganan Parsatokkinan i,Sai Dipasu-pasu tuhan Ma saluhut akka popparanna.

Jala Songon Hata ni umpasa ma Dohonon nami;Tinapu bulung siarum bahen uram ni pora-pora,
Nahasit i tibu ma malum, jala tibu ma ro si las ni roha.

Horas Ma hita Tujoloan on Butima!

Itulah Contoh Mandok Hata Mauliate Di Ulaon Saur Matua Pada Adat batak.Horas!!







0 Response to "Contoh Mandok Hata Di Ulaon Saur Matua Pada Adat batak"

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel