-->

Kata-Kata Sindiran Bahasa Batak Dan Artinya

Wargabatak.olahaninternet.my.id.Kata-Kata Sindiran Bahasa Batak Dan Artinya.Jika dalam Adat Batak ada Umpasa/umpama Poda berupa "Kata-kata Bijak Bahasa Batak",Kata-Kata Mutiara Bahasa Batak,Maka Ada pula yang disebut dengan Ucapan Sindiran Bahasa Batak.Kata Sindiran Adalah Ucapan Kata Pedas,Pahit,Menyakitkan,Cemohan,Ejekan,Untuk Menyakiti Hati dan Perasaan Orang Lain.


Sindiran dalam Bahasa Batak Artinya "Tipis Ni Hata",Leseng,Bais.Nah,Pada artikel ini,berikut ini adalah daftar kata-kata sindiran batak,yang biasa terdengar dikehidupan sehari-hari Suku Batak.


Kita juga Akan lebih bijak dalam mengucapkan kata ini,dan lebih paham dalam artinya jika di ucapakan dalam bahasa batak.


Kata-Kata Sindiran Bahasa Batak Dan Artinya

Kata-Kata Sindiran Bahasa Batak Dan Artinya
Gambar Ilustrasi



1.Madabu Ma Tulpang Tu Gambo,Dos Rupa Dohot Pangalaho


Artinya Rupa Sama Saja Dengan Perilaku,Sudah jelek,Berperilaku Jelek Pula.Alangkah Baiknya Meski memiliki Rupa Jelek Namun Perilakunya Baik,Dan lebih baiknya pula Jika Memiliki Paras Yang Cantik,Maka Perilakunya Baik Juga.


2.Dang Dao Tubis Sian Bonana,Molo Dao Di Harat Babi


Artinya Tidak Jauh Berbeda Perilaku Orangtuanya Dengan Anaknya.Jika Suatu Anak Perilakunya terlihat Baik,Maka Orangtuanya Juga Di anggap Baik,Namun  juga sebaliknya Jika perilaku Orangtua Terlihat Jelek,Maka Anaknya Juga Dianggap Berperilaku Jelek


3.Jeppek Do Pat Ni Gabus


Artinya Sepandai Apapun kita Menyembunyikan Sifat Kebohongan Dan Kebusukan,Suatu Saat Akan Terbongkar Juga,Alangkah Baiknya Kita Beesifat Jujur Dalam Hidup.


4.Dang Di Au,Dang Diho,Tumagonan Di Beguan


Artinya:Tidak Untuk Saya,Tidak Juga Untuk Kamu,Lebih Baik Untuk Setan.Sesuatu Yang Diperebutkan Dalam Hidup Tidak Ada Yang Bisa Memiliki Sehingga Lebih Baik Dimakan Setan.Alangkah Baiknya Segala Persoalan Diselesaikan Dengan Baik,Jika Ada Unsur Saling Rebutan,Maka Pertumpahan Darah Bisa Terjadi.


5.Songon Parlange Ni Sibagur,Riong Tujolo,Litok Tu Pudi 


Artinya:Seperti Katak Yang Berenang,Jernih Didepan Keruh di Belakang,Manis Di Depan,Busuk Di Belakang,Alangkah Baiknya Kita Bersifat Jujur,Apa Yang Kita Ucapkan,Maka Itulah Yang Kita Buktikan,Bukan Malah Menjadi Penghianat.


6.Piltik Ni Hasapi Tabo Begeon Tu Pinggol,Alai Piltik Ni Hata,Sogo Doi Begeon


Artinya:Petikan Kecapi Enak Didengar Telinga,Tapi Kata Gosip Tidak Enak Di Dengar Telinga.Alangkah Kita Mengucapkan Kata Yang Baik,Bukan Malah menyebarkan Gosip Buruk Yang Bisa Merusak Citra Nama Baik Seseorang.



Itulah Contoh Kata-kata/Ucapan Sindiran Dalam Bahasa Batak beserta artinya.Semoga membantu Horas!

0 Response to "Kata-Kata Sindiran Bahasa Batak Dan Artinya"

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel