Contoh Doa Bahasa Batak Disaat Makan Dan Artinya

 Wargabatak.olahaninternet.my.id,Contoh Doa Bahasa Batak Disaat Makan Dan Artinya.Berdoa Dapat Didefenisikan sebagai Media Kita Untuk Berkomunikasi dengan Tuhan Yang Maha Kuasa.Dalam Bahasa Batak Berdoa Artinya Martangiang.


Martangiang Berasal Dari Kata Tangiang Yang artinya Doa.Tangiang dalam budaya batak tentunya selalu kita ucapkan dalam setiap aktifitas apapun.


Seperti ucapan Bijak Bahasa Batak Yang mengatakan "Satonga Ni Tangiang Do Ulaon"yang artinya Ketika apapun yang kita lakukan,jika kita berdoa terlebih dahulu maka segala urusan yang kita laksanakan dipastikan hasilnya sudah kita dapatkan Setengahnya berkat Doa tersebut.


Untuk Itulah segala sesuatunya yang kita lakukan alangkah baiknya kita sampaikan terlebih dahulu dalam Doa.

Dalam Artikel ini,kami akan menuliskan Contoh Doa Bahasa Batak Disaat Makan Dan Artinya yang bisa kita ucapkan ketika Makan maupun kita ajarkan pada generasi Suku Batak pendatang selanjutnya:

Tentunya Doa Atau Tangiang Sangat Beragan sesuai Kebutuhan Maupun permintaan Kita serta hal dan kejadian apa saja yang kita rasakan maupun kita lakukan saat ini.

Seperti Yang sudah kami rangkum terlebih dahulu pada Artikel yang berjudul Contoh: Doa Untuk Orang Sakit,selanjutnya Doa Di Malam Tahun Baru.Dan pada bahasan di tulisan ini juga adalah doa batak disaat Makan atau marsipanganon.

Contoh Doa Bahasa Batak Disaat Makan Dan Artinya
Gambar Ilustrasi:Doa Bersama Disaat Makan


Contoh Doa Bahasa Batak Disaat Makan Dan Artinya

"Puji-pujian Hamuliateon Hupasahat hami tuadopanMu ale Tuhan Pardenggan Basa disiala Asi Dohot Holong Ni RohaMi Na Mandongani Hami Siganup Tikki.

Ale Tuhan,Dibagas Tikki on,Hupasahat Hami ma Sipanganon Na peak Di Jolo Nami,Ima Sipanganon Na mangalean Gogo Na imbaru di Pamatang Nami.

Pasu-pasu Ma On Tuhan Gabe Mangkorhon Gogo Tu Daging Dohot partondion nami.Suang Songoni Tuhan akka Na niula ni tangan nami,lehon Ma hagabeon Dohot Sinur akka Na Pinahan.

Asa Boi I hupake hami,lao pasangap Goarmu Na Badia I,tung Pardosa Nagodang Do Hami ale Tuhan,Attong Urasi Ma Dosa Nami,Asa unang Gabe i pangabbati Tu Akka Pasu-pasu Nanaeng silehononMu Tu Ganup Hami Marsada-sada.

Jalo Ma Tuhan Tangiang Pangidoan Nami On,Marhite AnakMu Tuhan Jesus Kristus Hami Martangiang Mauliate Tuhan, Amen.!"

Artinya:"Puji-pujian Dan Ucapan Terimakasih Kami Sampaikan KehadapanMu Ya Tuhan Maha Pengasih,Dimana Karena Kasih Dan CintaMu yang menemani Kami setiap Saat.

Ya Tuhan,disat Ini kami serahkan makanan Yang telah Terhidang Di hadapan Kami,yaitu makanan yang akan memberikan tenaga baru untuk badan Kami.

Berkatilah ini Tuhan,supaya mendatangkan kekuatan Untuk Daging Maupun Roh Kami.Begitu Juga Tuhan untuk segala sesuatu yang dikerjakan oleh Tangan Kami berikanlah keberhasilan dan kelimpahan Ternak Kami.

Supaya itu bisa kami pakai untuk menjunjung NamaMu Yang Suci.Kami Manusia Yang Memiliki Dosa yang Banyak Tuhan,Hapuskan lah itu supaya tidak menjadi oenghambat Untuk Berkat Yang Akan Kamu Berikan kepada Kami pribadi lepas Pribadi.


Terimalah Doa Permintaan Kami ini,Demi AnakMu Tuhan Yesus Kristus Kami Berdoa Dan Mengucap Syukur Terimakasih Tuhan,Amin."!


Itulah Contoh Doa Bahasa Batak Disaat Makan Dan Artinya yang bisa kita ucapkan ketika memimpin Doa Makan dimanapun Berada.

Tentunya Masih Banyak Doa/Tangiang Bahasa Batak Yang bisa kita ungkapkan disaat Bersekutu Dengan Tuhan.Doa Ini Hanyalah Contoh singkat saja sebagai bahan Pelajaran untuk kita semua dalam Mebgucapkan Kata-kata Doa Dalam Bahasa Batak.Terimakasih Horas!;

 


Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Kata-kata Dalam Bahasa Batak Yang Disertai Dengan Arti Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:




Pada web Blog Ini Juga Kami Menyediakan Beragam Artikel Seputar Budaya Batak,Umpasa,Berita, Kata-kata Maupun Ucapan Dalam Bahasa Batak yang Bisa Kamu Temukan Pada Halaman Daftar Isi Blog Warga Batak.

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak