Tata Cara Mandok Hata Dalam Setiap Ulaon Adat Batak

 Warga Batak,Tata Cara Mandok Hata Dalam Setiap Ulaon Adat Batak.Mandok Hata Adalah Mengucapkan Kata yang ditujukan untuk seseorang atau sekelompok Orang.Dalam Adat Suku Batak Mandok Hata tidak akan pernah terlepas dari setiap Ulaon Atau Acara Apapun yang sedang Berlangsung Pada Suku Batak.


Tata Cara Mandok Hata Dalam Setiap Ulaon Adat Batak
Mandok Hata Dalam Ulaon Acara Adat Batak


Karena Mandok Hata Adalah Sudah menjadi Budaya Turun-temurun dari Nenek Moyang Suku Batak Pendahulu.


Lalu?Bagaimana Caranya Supaya Kita Bisa Mandok Hata Dalam Adat Budaya Batak??Tentu kita harus belajar terlebih dahulu tentang Jenis Maupun Adat yang ada pada suku batak itu sendiri.


Jika Seseorang pandai Mandok Hata,bukan tidak mungkin,bisa saja dinobatkan sebagai parsinabung(Raja Parhata)Dalam setiap adat Batak.


Nah,Bagi kamu orang batak yang ingin mahir dalam mandok hata,maka kamu wajib terlebih dahulu memahami Tips berikut ini,supaya jika kelak kita ditunjuk dalam menyampaikan kata atau mandok hata maupun mangampu hata di Acara Batak tertentu kita tidak perlu lagi merasa jantungan atau takut.


Berikut Adalah Tata Cara Mandok Hata Dalam Adat Budaya Batak yang harus kamu ketahui supaya kedepanya kamu lebih mampu dan pandai dalam pengucapat Kata di acara-acara Suku Batak.

Tata Cara Mandok Hata Dalam Setiap Ulaon Adat Batak

1.Pahami Dulu Acara Adat Apa Yang Sedang Di Laksanakan

Jika Kamu Ingin Mandok hata dalam ulaon atau setiap Acara Adat Batak,langkah baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu dalam hal apa acara tersebut dilakukan.


Supaya kamu tahu,ucapan atau kata apa yang perlu di sampaikan,maupun kata Kata doa apa saja yang perlu di ucapkan.karena acara adat batak tentunya sangat beragam jenis,ada Acara mangapuli,Mamasu-masu,Manulangi,pa pir Tondi,Dan masih banyak lagi.


Jangan Sampai Salah dalam pengucapan,karena Ucapan yang di sampaikan pada ulaon Batak harus sesuai dengan rangka acara yang telah di deklarasikan.


2.Belajar Dari Internet Cara Mandok Hata


Seperti Halnya Yang belajar secara Otodidak,jaman sekarang banyak orang yang menjadi mahir dalam segala hal apapun karena rajin belajar dari internet.Dalam kasus mandok hata kamu bisa saja secara inisiatif berselancar di internet karena disana sangat banyak di temukan cara mandok hata dalam setiap acara adat pada suku batak sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan sesuai jenis acara yang sedang dilangsungkan.


Atau jika belum merasa puas dengab berbagai jawaban yang telah kamu temukan disana,ada baiknya juga kamu belajar dari para orangtua terdahulu yang mengerti tentang tata cara mandok hata,biasanya tetuah suku batak sangat mahir dan mengetahuinya.


3.Menghapal Ucapan Kata yang Mau disampaikan


Bagi pemula,Silahkan Hapal terlebih dahulu kata-kata yang mau di ucapkan didepan umum,jika sudah bisa cobalah berbicara didepan kaca mulailah belajar disana,supaya lebih percaya diri jika dihadapkan dengan khalayak Ramai(ditempat Umum)dan jika belum mampu dalam menghapal,bisa juga terlebih dahulu menuliskan di selembar kertas kata-kata apa saja yang akan disampaikan.


4.Praktekkan Dengan Suara Yang Keras


Cobalah Praktekkan,kata yang diucapakan dengab keras,dan pahami dalam pengucapan,jangan terburu-buru.Cobalah secara Santai dengan pengucapan ejaan yang tepat.


5.Mencoba Di Khalayak Umum


Cobalah Ambil Bagian,Dalam Mandok Hata terlebih dahulu di Acara Ulaon batak Pada Kelompok  kecil,Seperti Contohnya Acara Keluarga,Berangkatlah terlebih dahulu dari Acara adat kecil-kecilan baik itu di acara arisan,perpisahan,hinggka sampai pada acara resmi ulaon adat batak Mangupa,Manopot,Dan sampai tingkatan yang paling tinggi yaitu pada Perayaan Upacara Adat Yang Besar contohnya pada adat pernikahan,Horja,Dan Masih Banyak Lagi.

Cobalah Menyisipkan Beberapa Umpasa Batak,Yang Sesuai Dalam Acara Yang sedang dilakukan Saat Ini Supaya Lebih mengentalkan Kata-kata Yang sedang Kamu Sampaikan.


Memang Umpasa Batak Tidak Diwajibkan Dalam Mandok Hata,Namun,Rata-rata Dalam Acara Adat Yang Resmi Umpama Batak atau Umpasa Batak Adalah Bahan Penting yang wajib di Masukkan Ketika Dalam Mengucapkan Hata Tesebut.

Jika Kita makin terbiasa dalam Tips dan Tahap-tahap diatas,Maka yakinlah setiap acara pada suku batak akan kita kuasai dan tidak perlu merasa takut lagi dalam menghadapi segala bentuk adat-adat Ulaon Suku Batak.

Jika kita semakin Pandai Dalam Mandok Hata,maka kita akan menjadj orang yang akan dihormati ditengah Tengah masyarakat terlebih Suku Batak Itu Sendiri.

Itulah Tata Cara Mandok Hata Yang perlu Kamu Ketahui,supaya Mampu untuk menjadi Parsinabung Dalam Adat Suku Batak.Horass!

 


Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Kata-kata Dalam Bahasa Batak Yang Disertai Dengan Arti Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:




Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak