Contoh Kata-Kata Mutiara Bahasa Batak Untuk Ibu Dan Artinya

 Wargabatak.olahaninternet.my.id ,Contoh Kata-Kata Mutiara Untuk Ibu Bahasa Batak Dan Artinya.kata Mutiara Adalah Kalimat atau Ucapan Yang mempunyai Arti dalam suatu kebenaran,yang mengandung Nilai Positif yang Dapat meningkatkan Berbagai Aspek kehidupan manusia,Baik dari Perilaku(Sifat)Pikiran,Pandangan Hidup,Pujian,Keberhasilan Dan bisa Mengubah Seseorang Kedepanya.

Dalam Bahasa Batak,Kata-Kata Mutiara Adalah Ucapan Berkat Yang Mengandung Nilai Yang Begitu Berharga.Bahasa bataknya Seperti (Poda,Pasu-Pasu,Bohal,Hata Sipaingot,Poda-poda Tulus).Ucapan Ini Selalu Di Iringi dengan Pengucapan Mandok Hata Dalam Adat Batak.

Bagi Sahabat Pembaca Blog Warga Batak Pada Rangkuman Artikel Sebelumnya Telah Banyak Kami Menuliskan Daftar Lengkap Ucapan Kata-Kata Bahasa Batak.

Sebagai Suku Batak,Ada Kalanya Kita Akan Selalu Membutuhkan Kata-kata Mutiara Bahasa Batak Sebagai Bahan Pandangan,Renungan,Dan Pengalaman Hidup Seperti ;Contoh Ucapan Kata-Kata Mutiara Bahasa Batak Dan Artinya.

Namun,Pada Bahasan Halaman Ini Akan Dijelaskan Contoh Kata-Kata Mutiara Untuk Ibu Dengan Menggunakan Bahasa Batak Dan Artinya.

Ucapan Ini Adalah Sebagai Bentuk Pujian,Maupun Tanda Ucapan Terimakasih Bagi Sang Ibunda Yang telah berkorban Penuh dalam merawat kita mulai dari Lahir Ke dunia Fana Ini,Hingga Bisa Sampai Menginjak Umur Dewasa Dan Mampu menjalani Hidup secara Mandiri.

Seiring Kita Memlalui Masa-masa Kedewasaan ini,Sang Ibunda Tercinta Sudah mencapai Umur Senja,Keriput Di Berbagai Bagian Raganya Nampak Terlihat jelas.


Sungguh Masa-masa Yang indah,Ketika kita masih bisa menatap,dan menikmati Senyum ibunda yang semakin hari semakin menua,kita Patut Bersyukur Atas Hal ini.

Lain lagi halnya bagi sebagian Orang yang telah ditinggal oleh Orangtua kita,Sedih!!.Yang hanya tinggal kenangan saja,maka dari itu selalulah mengucapkan Terimakasih Ke Hadapan Sang Ilahi Karena kita masih bisa Sama-sama Tertawa,Tersenyum Dengan Sang Ibunda tercinta.

Sebisa Mungkin,Alangkah Baiknya Kita Memanjakan Sang Ibu di hari Tuanya,Meski dengan Hal-hal Sederhana Sekalipun,Karena Bagaimana Pun Juga ,Wajah Tuhan Yang Terlihat Adalah Orang Tua Kita.

Dalam Bahasa Batak,Sering Disebut Natua-tua i Do Debata Na Tarida,Yang Artinya Orangtua Adalah Tuhan Yang Terlihat.

Ada Pula Titah Orang Batak Kristen yang Berbunyi Pada Patik Palimahon;Ikkon Pasangaponmu Natorasmu Asa Martua Ho Jala Leleng Mangolu Di Tano Na Nilehon Ni Jahowa DebataM Diho.Yang Artinya;Hormatilah Ayah Dan Ibumu,Supaya Panjang Umurmu Di Tanah Yang Diberikan Tuhan AllahMu Kepadamu.

Oke,Kembali Lagi pada Topik Bahasan Kita,Berikut Ini Adalah;

Contoh Kata-Kata Mutiara Bahasa Batak Untuk Ibu Dan Artinya

Contoh-Kata-Kata-Mutiara-Bahasa-Batak-Untuk-Ibu-Dan-Artinya
Gambar ilustrasi Ibu Dan anak


1. "Saat kamu melihat ibumu, kamu sedang melihat cinta paling murni yang pernah kamu tahu."

Artinya;Ditikki Ho Mamereng Inongmu,Ima Ditikki Ho Mangaranapi Holong Na Ias,Nahea Di boto Ho.

2. "Cinta ibu adalah kedamaian. Kita tidak perlu berjuang untuk mendapatkannya, kita juga tidak perlu melayakkan diri untuk memperolehnya."Karena Itu Adalah Kasih Murni Yang Ada Pada Sang Ibu.

Artinya:Holong Ni Inong i ,Ima Hadameon.Dang Porlu Hita Marukkit Mandapot i,Jala Dang Porlu Hita Pantas Mandapot i.Ala Ido holong Na Adong Di Inongta i.

3. "Terima kasih tuhan telah menitipkanku kepada malaikatmu yang kusebut ibu."

Artinya;Mauliate Ma Tuhan,Ala Nungnga Di Tongos Ho Au Tu Sada Suru-suruanMu,Ima Na Hudok Inong Pangittubu.

4. "Ibu yang sangat mencintaimu, mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."

Artinya;Inong Na Manghaholongi Hi,Mambege Aha  Nanidokmu,Jala Mangantusi Aha Naso Di Hatahonmu.

5. "Ibu adalah orang yang sangat hebat, yang nggak pernah lelah untuk membahagiakan anaknya."

Artinya;Inong i,ima Jolma Na Paling Hebat,Naso Hea Loja Asa Mambahen Lasniroha Ni Gellengna.

6. "Ibu tak pernah lelah untuk merawat, membesarkan, dan membimbingku, tapi aku masih aja tanpa sengaja tak menghargai ketulusan ibu."

Artinya:Inong I dang Hea Loja Paresohon,Pabalgahon,Dohot Mangajar-ajaru,Alai Jot-jotan Do Au Marsangajo Dang  Mangargahon Haiason Roha Ni Dainang.

7. "Hati ibu itu sempurna, tak peduli berapa kali engkau menyakiti hatinya, dia selalu ada kata maaf untukmu."

Artinya:Roha Ni Inong I Ias,Dang hea Parduli Piga Hali Pe Au Mambaen Hassit Nirohana,Sai Selalu Do Adong Hata Maaf Tu Au.

8. "Ibu ajarilah aku bagaimana caranya untuk ikhlas dan selalu tersenyum, meski hati dalam terluka."

Artinya;Inong,Ajari Ma Au Songon Dia Mambaen Roha Na Serep,Selalu Mekkel,Nangpe Roha Nunga Malala.

9. "Kasih sayang ibu sangat sempurna kepada anaknya dan sejahat apa pun engkau menyakitinya, tapi ibu tak pernah membencimu."

Artinya:Holong Ni Roha Ni Dainang I,Mansai Denggan Tu Gellengna,Nangpe Rohaku Na Jahat Mambaen Hansit Ni Rohana,Alai Dang Hea Inong Marsogo Ni Roha.


10. Ibu adalah ciptaan terindah karena di dunia yang egois ini, dia adalah satu-satunya yang selalu ingin melihatmu bahagia."

Inong Ima Nanitoppa Na Ummuli ,Alana Diportibi Hasiangan On,sasada Inong ima  Na Sai Anggiat Sonang Mamereng Au Marlas Roha.


Itulah Contoh Kata-kata Mutiara Untuk Ibu dapam Bahasa Batak,Sebenarnya Masih Banyak Kata-kata yang begitu Indah yang pantas disematkan Ungtuk Sang Ibu,Kamu Bisa Menambahkanya di Kolom Komentar Horas!.

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak