Contoh Susunan Acara Mamboan Sipanganon Tu Tulang Dalam Adat Suku Batak

Warga Batak,Contoh Susunan Acara Mamboan Sipanganon Tu Tulang.Suku batak Yang menjunjung Tinggi Akan Nilai Adat Maupun Budayanya Sampai Sekarang ini,masih tetap melakukan berbagai Acara maupun Ritual Adat yang ditinggal kan oleh Oppung Sijolo-jolo Tubu(Nenek moyang).

Dari Banyaknya Jenis Acara Adat Batak,Salahsatu yang Sering kita kenal adalah "Mamboan sipanganon Tu Jabu Ni Tulang"Yang artinya Membawa Makanan Ke Rumah paman.

Dalam tulisan Sebelumnya Yang berjudul;Kedudukan Dan Peranan Tutur Tulang Dalam Suku Batak disana dijelaskan Secara Rinci apa dan siapa sebenarnya tulang atau paman itu dalam suku batak.

Contoh Susunan Acara Mamboan Sipanganon Tu Tulang
Gambar;Mamboan sipanganaon Tu Tulangg



Terus?Apa Tujuanya Seorang Bere Membawa Makanan(Mamboan si panganon)Ketempat kediaman tulang?Dalam Berbagai situasi Tujuan Bere(keponakan)Membawa makanan Untuk Tulangnya(Pamanya)Adalah Sebagai berikut:

-Sebagai Ucapan Tanda Terimakasih Si bere karena keberhasilanya baik Itu keberhasilan karir Maupun Dengan Sengaja meminta pasu-pasu Dari Tulang.

-Jika Seorang Bere Sangat Susah Menemukan jodohnya pada hal umur seorang berenya Sudah sepantasnya untuk segera menikah namun belum juga menemukan jodoh yang tepat atau bahkan sudah pacaran kepada beberapa Wanita namun tidak kunjung berlanjut ke jenjang yang lebih serius(Menikah)Maka ini dianggap hal yang janggal maka Selaku Orang tua biasanya akan pergi dengan anak menjumpai Tulangnya Dengan membawa Sipanganon.Supa Dipasu-pasu Tulang/pamanya*Biasanya Jika tulangnya kebetulan memiliki Putri yang siap di nikah kan maka tulang akan menjodokan bere dan pariban.untuk menghindari si bere semakin Tua namun tidak kunjung memiliki pendamping hidup.

-jika Bere yang Sudah berkeluarga Namun tidak Kunjung Memiliki Keturunan.

Seorang Bere yang Susah Mendapatkan Keturunan Meski Telah lama menjalankan Rumahtangga biasanya Sibere Akan Menjemput Hagabeon Dengan menghadap sang Tulang dengan membawa sipanganon.Dalam beberapa Kasus Pada suku batak Cara ini sangat ampuh bere yang belum gabe(berketurunan)Jika Sudah mendatangi Tulangnya Dengan membawa sipanganon biasanya Tidak lama dari Situ Sang Bere Akan segera memiliki keturunan disinilah bisa terlihat Betapa besarnya pengaruh Tutur Tulang dalam Kehidupan Suku batak.

-Jika Bere menikah Dengan wanita Lain,Pada hal memiliki pariban yang Sudah siap Juga Untuk dijodohkan

Pernikahan Suku Batak Lebih ideal jika menikah dan berjodoh Dengan pariban.Namun Tidak Semua lelaki Suka sama Paribanya.Kadang juga ada alasan menganggap Pariban sebagai ito atau saudaranya di lain alasan juga memilih wanita lain dari pada pariban akan memperluas ikatan family.

Disinilah Biasanya bere datang membawa tudu-tudu Ni sipanganon yang didampingi oleh orangtua dan saudara Dari orangtua.Maksud Dari tujuan ini adalah Bahwa Bere akan menikah  Dengan Wanita Lain Dan akan permisi dari Tulang serta meminta Doa Restu Bahwasanya siapapun itu yang menjadi jodoh berenya Sudah Dianggap menjadi Boru ni tulang.Namun Acar mamboan sipanganon Ke Tulang Ada juga dengan maksud Melamar Boru ni tulangnya supaya menjadi Jodoh atau pendamping hidupnya.Sehingga disebut "Parmisi Tu tulang"Dalam Bahasa Batak parmisi yang artinya permisi/Minta izin.


Dulunya,Acara Adat permisi Ke tulang,dikenal dengan istilah manulangi tulang,Atau istilah lainya "Patio baba ni mual".Acara Ini Biasanya Bere akan membawa Daging Lomok-lomok yang dilengkapi "namargoarna".Serta Di barengi Juga minuman suku Batak Yaitu "Tuak takkasan.Sementara Pihak tulang biasanya Akan menydiakan Ikan Mas(dekke Simudur-udur) Yang diarsik .Tulang Juga Biasanya Memberikan ulos Batak yang merupakan Simbol bahwasanya Bere diberi Berkat(pasu-pasu)Oleh tulangnya."Berikut Adalah Contoh Susunan acar mamboan sipanganon Ke tulang.

Contoh Susunan Acara Mamboan Sipanganon Tu Tulang


Acara Parmisi Tu Tulang dulunya Hanya Dilaksanakan sebagai Acara keluarga saja,dimana dihadiri Oleh kedua Belah pihak keluarga dari Pihak Bere Dan pihak tulang.Namun sekarang ini Rata-rata acara ini Sudah diikutkan dengan dongan parsahutaon.

Setelah Pihak bere Mendatangi Tulangnya maka orangtua yang mendampingi akan menjelaskan maksud dari kedatanganya.

Sementara Si bere dan Kedua orangtua akan membawa tudu-tudu ni sipanganon yang sudah diasiapkan terlebih dahulu kehadapan Tulang Dan Nantulangnya.Dengan mengucapakan kata-kata;"Di hamu Lae nami dohot inangbao nami, di son ro do hami rap dohot beremu pasahathon sulang-sulang na tabo sian beremu tu hamu tulangna, sai pamurnas ma on tu daging saudara ma on tu bohimu sipaneang holi-holi jala sipasindak panaili. Molo tung songonon dope na boi tarpatupa hami ba manghorhon tu nauli ma on,  las ma roha ni Raja i.  Botima."


Kemudian Tahap Selanjutnya ,tulang akan memberikan dengke Arsik yang sudah Disiapkan dengan mengucapkna kata-kata: "
Mauliate ma tutu di ho bere suang songoni Lae dohot ibotongku, nunga di pasahat hamu tu hami sipanganon na marsaudara, hami pe antong pasahathon nami ma tu hamu dengke simudur-udur, dengke si tio-tio, dengke sahat. Asa udurma hamu lae  dohot ibotongku suang songoni nang angka bere dohot ibebere ku tu joloan on, jala sai tio ma anton parnidaanmu, tio ma pansamotan di hamu, jala sahat ma nauli sahat ma nadenggan tu hamu lae  dohot ibotongku dohot sude hamu na marhaha maranggi. Las ma rohamu manjalosa.  Botima."

Selanjutnya Acara makan Bersama akan dilaksanakan Serta doa makan biasanya akan dipimpin oleh pihak keluarga Si bere.

Setelah Acara Makan usai Maka dilanjutkan dengan Acara inti Yaitu marhata sigabe-gabe atau pemberian Doa restu.

Paidua Ni Hula-hula (Paidua ni Tulang):

……………………………………………………( kalimat sebelumya)
Siangkupna  songon nahundul, sidonganna songon na mardalan
Tangkas ma di paboa Laenami.

Paranak (Ayah si bere):

Ima tu tutu Lae, tangkas ma paboan tu hamu hula-hula nami, di lae nang di inang bao. Hata ni natua-tua mandok : molo dung balga jala magodang anak, denggan ma i pangolihonon.  Nunga tangkas balga jala magodang beremuna on, naeng ma nian pangolihonon.

Paranak (Ibu si bere):

Ido ito dohot eda ku, ianggo au nian arop do roha niba angginiba i nagabe parumaenniba. Ni jujuan do nian angka naposo alai songoni ma jolo huroha dang sangkap ta, sangkap ni Tuhanta i  do na saut.

Paranak (Ayah si bere):

Jadi Rajanami haroro nami apala di parnangkok ni mataniari  on ima na naeng pasahathon sulang-sulang na tabo do bere mu tu hamu Rajanami laos i ma dalanna mangido pasu-pasu songon tangiangmu  (doa restu ) ibana sian hamu tulangna  di na naeng mardongan saripe ibana tu siboru na tinodo ni rohana. Hata nuaeng na parmisi ma ibana tu Tulangna.

Anaha ……….(nama si bere) dok ma paoang hatam tu Tulangmu dohot Nantulangmu. (Anakku ……… sampaikanlah permohonanmu kepada Tulangmu dan Nantulangmu). Biasanya si bere mengutarakan rencana dia yang akan menikah dan sekaligus memohon restu dari Tulang dan Nantulangnya.

Paranak (Ayah si bere):

Pos do roha nami Rajanami di hata ni natua-tua na mandok : “Hot do jabu i hot margulang-gulang, boru ni ise pe di alap bere i hot do i boru ni tulang.” Jadi Rajanami molo tung boru Lumban Toruan (sesuai contoh marga calon mertua si pemuda) pe  dialap beremu si ……… (nama si bere) anggo di rohanami tong doi boru muna.

Suang songoni nang di hata ni natua-tua namandok ” Dangka do dupang, amak do rere”, ama do tulang, anak do bere. Jadi Rajanami ianggo pangidoannami na rap pangolihon do hita di bere muna on.

Paidua Ni Hula-hula (Paidua ni Tulang):

Ba ido hape lae, ito haroromu. Ba hami pe antong las do roha nami umbegesa i. Jadi di hita namarhaha maranggi nunga tangkas ta bege taringot tu haroro ni pamoruonta dohot berenta, asa dos ma rohanta marsiaturan ma hita.  Laos  panimpulu annon ima angginiba Ama ni ……….. (Hula-hula tangkas/ tulang ni si bere) ate.

Tulang ni si bere;

Toho do i tutu Lae dohot Ibotongku, tarlumobi ma i di bere ku, molo dung magodang anak denggan ma i antong pangolihonan. Nunga magodang ho bere songon naung ni dok mu nangkin naeng ma ho marbagas dohot na hinaholongan ni roham. Las do rohangku di si bere. Ido uhumna bere di hita halak batak ba molo boi nian naeng ma marboru ni Tulang, alai dang sangkapta sangkap ni Tuhan i do na saut. Ia na mar rumah tangga on ingkon do na dibagasan holong. Molo dung holong roham tu tinodo ni roham si………… (di tanyakan ulang nama dan boru apa calon mempelai wanita, misal Rehmi br Lumban Toruan), jala nunga dos tahi mu,  sian hami Tulangmu ba anggiatama antong rongkap mu gabe i rongkap mu saur matua. Ianggo di hami tulangmu  boru nami do tong si rehmi nang pe boru Lumban Tobing i. Pos roham bere, pasu pasu nami marhite tangiang nami tu Amanta Debata Pardenggan Basa i, sai tiur ma sude sangkap mu bere, di lehon di ho hahipason suang songoni nang boru niba si rehmi, nang di hamu saluhutna keluarga besar Sitorus suang songoni nang keluarga besar Lumban Toruan  di lehon dame jala sai di padao Tuhanta ma sian hita saluhutna angka ambat-ambat asa boi tiur jala dengan sude ulaon na mangihut sahat tu pamasu-masuon parbogason dohot ulaon unjuk haduan.

Toho do tutu, amak do rere. Anak do ibebere. Ala naeng mangoli ma ho bere ba hami antong tulangmu na dohot do pangolihon ho.

Umpasa Batak Yang Sering Disampaikan Ke Pihak Pamoruan yang sering Di Gunakan adalah;

Pusuk ni jabi-jabi ma inna tu pusuk ni simarlasuna
Di las ni rohanta, nunga hupasahat hami pasu pasu tu berenami, saluhutna ma i di pasaut Tuhan.
 
Sahat saha ni solu, sahat tu bontean tigaras.
Nunga sahat sulang-sulang ni berenami jala nunga sahat pasu-pasu nami tu sude hamu pamoruonnami saluhutna ma hita gabe jala horas. Botima.
Itulah Contoh susunan acara mamboan Sipanganon tu tulang.
  referensi:https://sitorusdori.wordpress.com/2009/08/04/parmisi-tu-tulang/

Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Kata-kata Dalam Bahasa Batak Yang Disertai Dengan Arti Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:

 Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Artikel seputar Suku Batak Yang Disertai Dengan Cerita Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:Daftar Artikel Yang Membahas Topik Tentang Seputar Suku Batak,


Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak