Fakta Mengejutkan Tentang Danau Toba Yang Harus Kamu Ketahui

 Warga Batak ,Fakta Mengejutkan Tentang Danau Toba Yang Harus Kamu Ketahui.Sebelum Terciptanya keindahan Danau Toba Yang sudah menjadi pusat pariwisata di Sumatera Utara yang Kita nikmati saat ini,ternyata dari sejarah terciptanya danau indah ini,sehingga dijuluki Kepingan surga dibaliknya memiliki Sejarah Dan fakta-fakta yang sangat mengejutkan setiap orang yang belum mengetahuinya.

Fakta Mengejutkan Tentang Danau Toba Yang Harus Kamu Ketahui

Fakta Mengejutkan Tentang Danau Toba Yang Harus Kamu Ketahui
Danau Toba


Membahas tentang bagian utara Pulau Sumatera terdapat sebuah danau terbesar Danau Toba Danau ini memang tiada habisnya untuk Dibahas,karena Panorama yang memanjakan setiap mata yang memandangnya.tentu akan dibarengi juga munculnya rasa penasaran,bagaimana bisa Danau Indah ini Tercipta.Danau ini panjangnya sekitar 100 KM lebar 30 km dikelilingi tebing terjal berketinggian rata-rata 1200 m dengan titik terdalam yang berisi air mencapai 500 m dan Utuh memiliki luas sekitar 1130 km2 atau setara dengan lebih dari 170 Danau Barat di hongcho Tiongkok.


Danau Toba sendiri merupakan danau yang populer di Sumatera Utara dengan pemandangan alam kawasan yang indah danaunya yang jernih dan hamparan hijau perbukitan disekitarnya serta biru danau dengan pulau Samosir yang berada di tengah adalah gambaran keindahan tempat ini.


 Keunikan lain dari Danau Toba ini adalah keberadaan pulau di atas pulau dan Danau Diatas Danau yakni Pulau Samosir yang berada di atas pulau Sumatera serta danau sidihoni dan danau Aek natonang yang berada diatas Danau Toba.


Menurut ahli Pulau Samosir adalah dasar danau yang terangkat ke atas ditunjukkan dengan ditemukannya banyak fosil ganggang di Pulau ini saat letusan hebat gunung toba danau perlahan boleh terbentuk dan ganggang hijau mulai tumbuh didasar Danau.


Terdapat beberapa fakta seputar Danau Toba yang tak banyak diketahui orang bahwa Danau ini sebenarnya merupakan sebuah kawah gunung berapi raksasa karena pada 74000 tahun yang lalu disini pernah terjadi letusan Dahsyat gunung berapi super hingga akhirnya membentuk Danau Toba yang kita kenal sekarang.


Danau ini sendiri merupakan danau vulkanik terbesar di dunia menurut penelitian para ahli geologi di bawah Danau raksasa Ini adalah sebuah gunung berapi aktif pernah empat kali meletus dalam sejarah letusan pertama terjadi pada sekitar 1,2 juta tahun yang lalu erupsi gunungapi pada skala 7/8 indeks letusan vulkanik ini memuntahkan sekitar 3000 kilometer kubik batu dan abu vulkanik yang menyebar ke seluruh penjuru bumi.


Letusan kedua terjadi sekitar 840.000 tahun yang lalu dengan segala level hampir sama dengan letusan pertama dan letusan ketiga terjadi sekitar 500 sampai 1000 tahun yang lalu dengan energi yang tetap sangat besar memuntahkan material vulkanik sebanyak 500 km3 andesit kriolit atau batuan vulkanik dan batuan beku berbutir halus.


Tetapi yang paling mengerikan adalah letusan keempatnya yang terjadi pada 74000 tahun yang lalu material yang dimuntahkan mencapai 2500 hingga 3000 km3 menurut ahli geologi itu adalah letusan gunung berapi terbesar dalam 11000000 tahun kekuatan letusan setara dengan sekitar 170 milyar ton TNT tiga hari pasca letusan Abu vulkaniknya menutupi setengah bumi tujuh hari kemudian Abu vulkanik menutupi seluruh bumi Selain itu letusan gunung api di dataran tinggi dekkan India di kejauhan 3000 KM juga memuntahkan abu vulkanik setebal 15cm.


 Akibat dari letusan itu abu vulkanik juga menutupi sinar matahari membuat langit tampak gelap dan membuat suhu di bumi turun setidaknya lima derajat Celcius dan berlangsung selama enam tahun bahkan di Utara bumi suhu turun 15 derajat Celcius.


 Banyak spesies bumi puda dan manusia juga nyaris lenyap akibat letusan gunung berapi ini konsentrasi aerosol sulfat di atmosfer telah menghalangi sinar matahari di asupan bagi kehidupan di bumi ini.


Akibat letusan dahsyat itu populasi manusia di bumi ini menyusut hingga 60% diikuti dengan terganggunya mata rantai makanan bahkan letusan gunung supervolcano ini pun diyakini telah mengubah perjalanan manusia modern Homo sapiens saat Toba meletus Homo sapiens nyaris punah migrasi manusia modern ini terhenti dan mereka terisolasi di suatu tempat di Afrika.


Asal-usul Danau Toba dan sejarah letusan Dahsyat gunung supervolcano purba ini telah menjadi bagian penting bagi sejarah nusantara serta bagaimana dampaknya bagi dunia hanya sebagian kecil orang yang berusaha bertahan hidup.konon hanya dari beberapa ribu orang inilah yang melanjutkan nasib perjalanan manusia.


Sejarah letusan supervolcano Toba tak hanya dirasakan Indonesia di masa lalu letusan gunung ini telah memunculkan Danau vulkanik yang sangat besar dan bisa dibayangkan letusan ini pun memberi

dampak bagi dunia kala itu meskipun telah menyemburkan energi yang sangat besar tapi gunung berapi ini tetap aktif.


Ahli geologi Indonesia menyebutkan bahwa di bawah pesona kawah danau toba yang indah dan terlelap

selaksa tahun itu masih ada sejumlah besar Magma yang akan meletus kapan saja begitu terjadi gempa bumi jika terjadi bukan hanya pemandangan yang indah itu akan lenyap dan tidak hanya langit Indonesia akan menjadi gelap gulita tetapi lingkungan ekologi dan suhu bumi akan kena dampaknya dan hal itu tetap merupakan bencana besar bagi umat manusia di muka bumi.


Berikut sepenggal cerita rakyat yang beredar tentang danau Toba Danau Toba berasal dari cerita seorang

pria bernama Toba yang sedang mencari ikan di sungai suatu kali kail Pemuda tersangkut pada seekor ikan mas yang tiba-tiba berubah menjadi perempuan cantik.si Pemuda pun menikahi perempuan tersebut dengan syarat ia tidak boleh membocorkan asal-usul istrinya kepada siapapun.


sehingga suatu hari ketika Si Pemuda sudah memiliki anak suatu kali ia kesal terhadap anaknya saking kesalnya ia secara tak sengaja berujar dasar anak ikan seketika itu juga bumi berguncang gempa melanda air membuncah dari tanah yang merekah hujan turun dengan lebat si toba tersadar dan menyesal umpatan nya membuka rahasia tentang asal-usul istrinya yang seharusnya ditutup rapat.


Namun Semuanya sudah terlambat sang ibu yang kecewa kembali menjadi ikan dia melompat ke genangan air yang telah menjelma menjadi danau besar belakangan danau itu dinamakan Toba Adapun sang anak atas petunjuk ibunya selamat dengan mendaki bukit tinggi di tengah danau yang belakangan dikenal sebagai Pulau Samosir.


Cukup Sekian dulu topik kita hari ini tentang fakta mengejutkan Seputar Danau Toba.

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak