Sejarah Lengkap Legenda Asal Muasal Raja-Raja Batak Dan Kesaktian Pustaha Lak-Lak

 Wargabatak.olahaninternet.my.id ,Sejarah Lengkap Legenda Asal Muasal Raja-Raja Batak Dan Kesaktian Pustaha Lak-Lak.Orang Batak atau Halak Hita,merupakan anak cucu dari dua orang Putra Raja yang bertahta di sekitar Gunung Pusuk Buhit di Pulau Samosir.

Tentunya,Legenda Batak ini Sampai Saat ini masih tetap Diceritakan turun temurun dari mulut ke mulut,berikut kisahnya:

Sejarah Lengkap Legenda Asal Muasal Raja-Raja Batak Dan Kesaktian Pustaha Lak-Lak

Sejarah Lengkap Legenda Asal Muasal Raja-Raja Batak Dan Kesaktian Pustaha Lak-Lak
Source:Youtube/https://youtu.be/Mwy1oykUsww


Alkisah,Huta Sianjur mula-mula mempunyai dua putra yang tertua bernama lontungan dan yang si bungsu bernama Raja isumbaon setelah keduanya dewasa mereka meminta ilmu kesaktian kepada sang ayah.


 Dengan Arif sang ayah meminta dua putranya itu membangun tempat persembahan di puncak bukit Pusuk Buhit selama tujuh hari tujuh malam setelah selesai dibangun sang ayah bersama dua putranya naik ke puncak bukit.Sesampainya di tempat persembahan mereka mendapati dua buah benda yang kemudian disebut pustaha Laklak atau surat Batak.


Huruf-huruf di pustaha Laklak punya banyak keistimewaan beberapa diantaranya huruf-huruf dalam pustaha Laklak tidak akan basah walau direndam dalam air dan  tetap tampak walau kertasnya sudah terbakar api atau dikubur dalam tanah selama 10 tahun.


Keistimewaan pustaha Laklak adalah ketika orang membuat salo atau bahan tinta lak-lak para nenek moyang selalu dan terlebih dahulu memanjatkan doa atau martoba doanya adalah seperti berikut;


"Asa Homa Ale Salo Na Niondolhon Ni Piso Raut,panabung Na Ni alithon Ni api Marjilang-jilang asa jadi maho salo namanguhirhon raksa-raksa ni portibon na suntol ingananni-ingananna ni dadang ari naso ra nabiltak nitanom na sora busuk hu udan naso ra litap".


Tobasalo inipun  betul-betul terjadi dan terbukti ya yakni saat kita membawa salo atau nyala api diarahkan ke Parang atau pisau yang surat Batak bisa menuliskan di luar pola nyata sampai Apa yang disebut Banua Holing kemudian bila direndam ke air tulisan-tulisan huruf-huruf Batak tidak akan basah bahkan membakar huruf-huruf Batak tetap tampak tapi kertas telah habis terbakar sampai kalau dikubur dalam tanah 1-10 tahun huruf-huruf Batak tetap ada.


sementara kertas atau kulit kayu sudah menjadi tanah kemudian ke cerita semula,sang raja kemudian meminta kedua putranya mengambil masing-masing satu pustaha Laklak dan meminta kepada si sulung lebih dulu meminta kepada sang pencipta apa yang diinginkannya si sulung meminta kekuatan kebesaran rezeki keturunan kepintaran kerajaan kesaktian dan tempat berkarya untuk semua orang.


permintaan serupa juga dipanjatkan si bungsu melihat hal ini sang raja memberikan nama baru kepada si sulung guru tatea bulan sedangkan si bungsu tetap dengan nama raja isumbaon konon guru tatea bulan dengan lima putranya yakni Raja geleng-gumeleng si sulung saribu Raja Limbong mulana Sagala Raja silau Raja

bersama empat putrinya yakni Siboru pareme kawin ke sariburaja atau ibotona atau Abang kandungnya bunga haomasan kawin dengan Sumba Ati haomasan kawin ke Saragih dan nantinJo konon menjadi Pulau Malau.


kietika sariburaja kawin dengan Siboru pareme diawali cerita sariburaja yang menghadap ayahnya untuk meminta diantarkan ke Pusuk Buhit sebab dalam mimpinya Seribu Raja menjadi orang yang sakti dan untuk itu dia harus ditempa di Pusuk Buhit sebelum sang ayah menyetujui muncul geleng-gumeleng yang meminta untuk ikut di tempa di Pusuk Buhit.


sariburaja protes dan keduanya pun terlibat pertengkaran sehingga membuat sariburaja meninggalkan abang dan ayahnya masuk ke dalam hutan.Sejak saat itu  sariburaja tidak pernah kembali sementara di Pusuk Buhit raja geleng-gumeleng di tempa sang ayah menjadi raja Sakti selanjutnya nama geleng-gumeleng Dubuat menjadi raja Uti.


kisah sariburaja memiliki anak raja lontung bermula ketika dalam pengembaraannya di dalam hutan ia bertemu seorang gadis nan cantik jelita,gadis itu tak dikenal sariburaja tapi hatinya sudah suka teman lama bermenung diri sariburaja akhirnya membuat pelet atau mistik pemikat wanita dan menaruhnya di tanah persis di jalan yang dilewati gadis impiannya itu apa yang terjadi Iya pelet itu bukan mengenai sasaran melainkan memikat hati Siboru pareme sehingga keduanya pun menjadi suami-istri Kendati dalam adat Batak perkawinan sedarah yakni Abang dengan adik dianggap tabu  namun kekuatan pelet sariburaja tak lagi mampu menyadarkan Siboru pareme.


 bahkan yang menjadi suaminya kelak adalah Abang kandungnya sendiri, peristiwa ini membuat guru tatea bulan murka Saribu Raja pun benar-benar diusir.sebelum pergi Saribu Raja masih menyempatkan membeli sebuah cincin kepada adik yang juga istrinya dan berpesan bila anaknya lahir agar diberi nama si raja lontung.


kisah raja borbor Ia bermula ketika sariburaja yang diusir sang ayah kembali harus melakukan pengembaraan dalam perjalanannya sariburaja terlibat pertempuran dengan raja ni homang bila sariburaja kalah ia akan dijadikan anak tangga atau diinjak badannya ke rumah Raja ni Homang sebaliknya,sariburaja menang anak gadis Raja ni Homang menjadi hadiahnya bisa ditebak atau malahan pertarungan itu akhirnya dimenangkan sariburaja.


hasil pernikahan sariburaja dengan Boru manggiring laut di kemudian hari diganti namanya menjadi Huta lolum atau kalah bertanding.Dari Putri Raja ni Homang ini terlahirlah seorang anak laki-laki yang

telah bernama Raja borbor sariburaja diceritakan tak sempat menunggu kelahiran si raja borbor karena dia kembali melanjutkan pengembaraannya.


Belasan tahun kemudian  raja lontung dan raja borbor yang sudah menjadi pria dewasa bertemu dalam perjalanan masing-masing untuk mencari sang ayah sariburaja keduanya yang belum saling mengenal sempat bertanding sampai berhari-hari namun tidak ada satupun diantaranya yang kalah akhirnya keduanya berkenalan ketika masing-masing mengetahui siapa lawan bertandingnya.


keduanya pun saling berangkulan karena pada dasarnya Mereka berdua adalah Abang dan adik dari satu Ayah dengan dua orang ibu.



selanjutnya teman abang dan Adik ini mencari sang ayah sariburaja sampai kini kisah kesaktian lak lak atau legenda raja-raja Batak terus diceritakan dari mulut ke mulut dan generasi kegenerasi berikutnya.


Lak-lak atau naskah-naskah Batak pada umumnya ditulis pada tiga jenis bahan kulit kayu atau lak-lak bambu dan tulang kerbau.pustaha  lak-lak yang ada di Sumatera Utara umumnya berisi tentang ilmu-ilmu hitam seperti pangulubalang,tunggal panaluan,pamunu tanduk,gadam dan lain sebagainya .


selain itu juga tentang ilmu putih seperti penolak bala dan pagar ada juga tentang ilmu Nujum seperti meramal dengan menggunakan tanda-tanda binatang dan masih banyak ilmu-ilmu lainnya


nah teman proses pembuatan pustahaTidak semua orang memiliki kemampuan dalam penulisan pustaha Laklak ia harus melakukan ritual yang dipimpin oleh seorang Datu udah dilakukan pada hari-hari tertentu Oleh sebab itu pustaha Laklak merupakan suatu kitab sakral yang pembuatannya seperti halnya membuat objek-objek sakral lainnya semisal patung pangulubalang dan tongkat tunggal panaluan.



lebih lanjut  pustaha Laklak terbuat dari kertas sebuah pohon yang bernama kayu Alim kayu ini merupakan salah satu spesies dalam genus AprilAria yang berasal dari Asia Tenggara khususnya di hutan hujan tropis baik itu Indonesia Malaysia Thailand Kamboja Laos Vietnam maupun di India Utara nah di Sumatera Utara pohon kayu Alim dapat dijumpai di daerah Barus Huta disekitar pardomuan Kabupaten Dairi dan juga daerah pulau Raja Kecamatan Bandar Pulau serta Kabupaten Asahan kulit kayu itu

dikupas dari pokoknya dalam kupasan yang panjangnya dapat mencapai 7 m dan lebarnya hingga 60 cm tergantung pada besar pohonnya.


 ya kulit kayu alami diolah menjadi buku yang disebut pustaha yang bentuk dan ukurannya berbeda-beda dan tidak memiliki sampul kayu untuk menjilid nya pustaha yang mewah pada umumnya menggunakan sampul atau lampak yang memiliki ukiran Indah pustaha Laklak ini dituliskan berlembar-lembar dengan menggunakan tinta hitam penulisan yang dibuat

berlipat-lipat dan bolak-balik memiliki tujuan untuk memudahkan dalam membacanya sebuah pustaha atau buku terdiri dari Laklak dan lam Pak ialah kelak adalah kertasnya yaitu lembaran-lembaran sebagai media penulisan.


sedangkan lampak adalah sampul bukunya nah lembaran-lembaran pustaka tersebut berwarna coklat muda kejinggaan dan terdapat serat-serat halus yang memang menunjukkan bahannya dari kulit kayu.umumnya kertas-kertas tersebut lebih tebal dibandingkan denga kertas-kertas produksi sekarang.


pustaha Laklak ini dapat dijumpai di museum negeri Provinsi Sumatera Utara yang tercatat ada lebih dari 200 lak-lak yang disimpan baik di ruangan Tata pamer maupun di ruangan koleksi.


Selain itu,pustaha lak-lak juga disimpan di Museum Nasional Jakarta ratusan pustaha lak-lak juga disimpan di museum-museum luar negeri seperti di Belanda dan Jerman.



nah itu adalah legenda raja-raja Batak dan kesaktian lak-lak jika ada kesalahan dalam penyampaian legenda Mohon dimaafkan untuk kritik dan saran yang membangun langsung saja tinggalkan di kolom komentar horas.!

Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Cerita Legenda Batak Yang Disertai Dengan Cerita Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak