Hahomion Dalam Adat Batak,Dan Tujuanya

 Warga Batak.Hahomion Dalam Adat Batak,Dan Tujuanya.Apa Yang Dimaksud Dengan Hahomion Dalam Suku Batak?Hahomion Adalah Salah Satu Istilah Sakral Dalam Kebudayaan Suku Batak.

Dimana Hahomion Tujuannya Adalah Meminta Doa Pada Tuhan Yang Maha Kuasa,Supaya Diberikan Segala Berkat Dan Keberhasilan Dalam Segala Aktivitas berupa Pertanian,Kelestarian,Dan Hingga Mendapat Keseimbangan Alam.

Ulaon Hahomion Sudah Dilakukan Oleh Suku Batak secara Turun-temurun Dari Nenek Moyang Terdahulu.

Dalam Pelaksanaanya Seperti Yang Dilakukan oleh warga Kecamatan silahisabungan Kabupaten Dairi Sumatera Utara menggelar ritual hahomion Martua oma-oma pagabe tahun Akibat Mengalami Gagal Panen.

Hahomion Dalam Adat Batak,Dan Tujuanya
Ulaon Hahomion Suku Batak


Ritual yang dianggap sebagai cara untuk memohon kepada yang maha kuasa agar diberi hasil panen pertanian yang melimpah.


Kecamatan Silalahi yang berada di tepi danau toba merupakan daerah wisata sumber mata pencaharian warga disana adalah bertani bawang merah dan mangga Namun karena mengalami gagal panen warga Kecamatan silahisabungan Kabupaten Dairi Sumatera Utara menggelar ritual hahomion Martua oma oma paGabe tahun


Ritual ini merupakan warisan dari leluhur mereka yang telah diwariskan turun-temurun ritual yang terbilang sakral ini dikatakan adalah kegiatan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa seluruh penduduk di kecamatan silahisabungan diberi hasil panen yang melimpah.



kegiatan hahomion ini diawali dengan mengarak kerbau menuju areal Tugu Silalahi di desa Silalahi tiga Kecamatan silahisabungan Dairi dan diikuti oleh masyarakat dari delapan kerajaan Turpuk dan dalam pelaksanaannya kerbau yang diarah akan dipotong dan dibagikan kepada seluruh warga.


Pemerintah dalam hal ini mengatakan siap mendukung ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat karena merupakan salah satu upaya untuk bangkit meningkatkan perekonomian masyarakat Kuhusnya Kawasan Danau Toba.



Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak