Sejarah Perang Batak Dan Misi Islamisasi Imam Bonjol di Tanah Batak

 Wargabatak.Olahaninternet.my.id Sejarah Perang Batak Dan Misi Islamisasi Imam Bonjol di Tanah Batak.Horas!Bagaimana Kisah perang Di tanah batak tempo dulu?Perang di tanah Batak pernah terjadi Dijaman kolonial Belanda.Dimana perang ini ini dilatar belakangi oleh Proses penyebaran Agama pada kala itu.

Sejarah Perang Batak Dan Misi Islamisasi Imam Bonjol di Tanah Batak
Misi Islamisasi Di Tanah Batak


Dimana Suku batak yang menganut Agma pertama Yaitu Ugamo Malim Merasa terganggu dengan Datang nya Agama kristen maupun Agama Muslim Di tanah batak.

Pada Topik Artikel Berikut Ini akan dijelaskan secara Lengkap tentang Sejarah Perang Batak Dan Misi Islamisasi Imam Bonjol di Tanah Batak yang bisa menjadi Memori sejarah yang patut kita Ketahui.

Sejarah Perang Batak Dan Misi Islamisasi Imam Bonjol di Tanah Batak

Mungkin banyak yang bertanya-tanya Kenapa orang Batak mayoritas beragama Kristen pertanyaannya Apakah upaya untuk mengislamkan masyarakat Batak Toba tidak pernah terjadi di tanah Batak?

jawabannya tentu pernah.upaya Islamisasi pernah dilakukan oleh kerajaan Aceh yang dipimpin oleh Sultan Alauddin riayat Syah al-kahar seperti ditulis oleh pernah mendisiplinkan seorang bangsa Portugis

yang pernah berkunjung ke Sumatera namun upaya islamisasi yang dilakukan oleh kerajaan Aceh pun mendapat penolakan oleh kerajaan Batak yang mengakibatkan terjadinya peperangan antara Kerajaan Aceh dan kerajaan Batak.


seperti yang tertulis dalam buku Anthony Reid merupakan sejarah di Asia Tenggara disaat kerajaan Aceh berhasil mengislamkan pantai Timur Sumatera sampai ke Jambi dan Pantai Barat Sumatera sampai ke Bengkulu.


Namun, justru upaya islamisasi yang dilakukan Kerajaan Aceh di tanah Toba mengalami kegagalan daerah Kerajaan Batak merupakan kerajaan yang tidak bisa dikuasai kerajaan Aceh.


untuk mengislamkan masyarakat Coba dan upaya Islamisasi kedua dilakukan oleh Pasukan Padri yang dipimpin oleh Imam Bonjol upaya islamisasi yang dilakukan oleh Pasukan Padri di tanah Toba merupakan suatu upaya yang tergolong sadis dan kejam.


sebelum menjalankan misinya Pasukan Padri terlebih dulu membunuh kaum kaum adat setelah itu Pasukan Padri yang dipimpin oleh tuanku Rao dan tuanku Lelo menyerang dan menguasai Mandailing serta berhasil mengislamkan sebagian Tapanuli bagian selatan.


Pasukan Padri pun bergerak menuju tanah Batak bagian utara atau tanah toba,mereka tidak segan-segan membunuh siapa saja yang menolak masuk Islam.


akibat keganasan Pasukan Padri diperkirakan 75% penduduk Batak Toba menjadi korban keganasan Pasukan Padri ribuan rumah dibakar Ribuan Orang dijual sebagai budak ibu-ibu dan anak gadis diperkosa.


namun upaya untuk mengislamkan tanah Batak yang dilakukan oleh Tuanku Imam Bonjol tetap mengalami

kegagalan,Seperti kerajaan Aceh kegagalan itu disebabkan munculnya penyakit bego ato atau bahasa medisnya disebut penyakit kolera dan PES


 penyakit kolera yang muncul di tanah Batak disebabkan oleh banyaknya mayat yang dibiarkan membusuk begitu saja oleh Pasukan Padri yang mengakibatkan lingkungan menjadi tercemar dan sungai-sungai yang menjadi tempat pembuangan mayat menjadi sumber penyakit.


penyebaran wabah kolera saat itu menjadi penyakit mematikan yang menular kepada siapa saja tak terkecuali orang Batak dan Pasukan Padri hingga pada tahun 1820 Pasukan Padri muncul kembali ke Minangkabau akibat dikalahkan oleh alam yaitu Sahid biru aduk.


hingga akhirnya misionaris Kristen yang hanya beberapa orang saja berhasil mengkristenkan masyarakat Batak Toba berbeda dengan upaya islamisasi yang dilakukan oleh kerajaan Aceh dan Pasukan Padri pasukan Imam Bonjol datang dengan ribuan pasukan sedangkan misionaris kristen hanya datang dengan beberapa orang saja tanpa Senjata.


Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Kata-kata Dalam Bahasa Batak Yang Disertai Dengan Arti Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:

 Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Artikel seputar Suku Batak Yang Disertai Dengan Cerita Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:Daftar Artikel Yang Membahas Topik Tentang Seputar Suku Batak,


Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak