Ulaon Adat Roto Gaja Lumpat Pada Suku Batak

Wargabatak.Ulaon Adat Roto Gaja Lumpat,Kearifan Lokal Dari Budaya Adat Istiadat Sangat Beragam.salahsatunya Adalah Ulaon Adat Batak Dengan Nama Roto Gaja Lumpat.

Roto Gaja Lumpat Adalah Salah satu Adat Sakral Dari Suku Batak Ketika Seseorang Raja Telah Wafat.Penghormatan Tertinggi Akan Dilaksanakan Disaat pemberangkatanya Ke Tempat persemayaman Terakhir.

Ulaon Adat Roto Gaja Lumpat
Roto Gaja Lumpat Sumber ;Facebook.com


Menurut Berbagai Sumber;Ulaon Adat Roto Gaja Ditemukan Di Daerah Garoga Tapanuli Utara.Roto Gaja Di Bentuk Dari Pahatan yang menyerupai layaknya Patung Gajah Dengan Memiliki Roda yang bisa di tarik.

Raja Atau Orang yang meninggal Akan dimasukkan Didalam Kotak Pahatan Tersebut dan akan di Pundak Dengan Irama Tertentu.

Ulaon Roto gaja Menurut Beberapa Sumber;Dilakukan Pada Orang Tua Yang Meninggal Yang Telah Mencapai Kematian Tertinggi  Yaitu Mauli Bulung Sesuai apa Yang dicapainya Dari Jenis Kematian Pada Suku Batak.

Mungkin Banyak Diantara Kita Sebagai Suku Batak yang tentunya belum pernah menyaksikan Ulaon Adat Sakral Dari Suku Batak Tersebut.

Berikut Ini Adalah Salah Satu Video Prayaan Kematian Pada Ulaon Adat Batak Roto Gaja Lumpat.


Informasi Ini belum sepenuhnya Lengkap Dan Masih Butuh Referensi Pelengkap.Bagi Yang mengetahui Ulaon Adat Batak Tentang Goto Raja Lumpat Alangkah Baiknya Kamu bisa menuliskanya pada kolom komentar sebagai Data Pelengkap Untuk menjadi Bahan pelajaran Bagi siapa pun yang baru mengetahui dan baru menyaksikan Ulaon Adat Goto Raja Lumpat.


2 Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

  1. Apakah ada video yang lebih panjang, Katua? Saya penasaran menontonnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Saat ini,Hanya Itu Video yang tersedia.Mungkin akan Direkam Ulang Jika Perayaan Ini kembali digelar dikemudian Hari.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak