Mengenal Andaliman,Rempah Dari Tanah Batak Harga Dan Cara Budidaya

 Warga Batak.Mengenal Andaliman,Rempah Dari Tanah Batak Harga Dan Cara Budidaya. Andaliman Atau Sering disebut Merica Batak,Adalah Salah Satu Jenis rempah-rempah yang Tumbuh Di Daerah Sumatera Utara.Andaliman merupakan Tanaman endemik Danau Toba,keberadaannya dewasa ini semakin menjadi perhatian seiring dengan berbagai produk makanan yang berbahan dasar bumbu khas tanah Batak tersebut semakin banyak diminati masyarakat.

Mengenal Andaliman,Rempah Dari Tanah Batak Harga Dan Cara Budidaya
Rempah Andaliman


 Andaliman adalah rumpun jeruk-jerukan mengandung vitamin C dan E alami yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh namun nama andaliman mungkin belum diketahui oleh banyak orang ini adalah nama bumbu masakan khas Batak Toba.


sebelum teknologi berkembang di tanah Batak orang Batak bisa menikmati hidangan ikan atau daging yang masih mentah yang disebut dengan Masakan Khas Suku Batak Naniura dan manuk na niura.


 berkat andaliman mirip-mirip sashimi makanan mentah Jepang,bumbu andaliman berperan penting di dalamnya sama bumbu kunyit dan asam juga aroma dan sensasi khas dari andaliman yang tidak dapat disamakan dengan bumbu lain di dunia membuat makanan yang tidak dimasak ini menjadi nikmat.


Harga Rempah Andaliman Tergolong Sangat Mahal,Bahkan Bisa Saja Tembus Pada Harga 80 Ribu sampai 400 Ribu per Kilo.


Keunikan Dari Tanaman Andaliman adalah Rasanya Yang bikin ketir-ketir pada lidah ketika Adal Di mulut,Sehingga Mampu mengundang selera ketika di campur degan Rempah Maaskan Lainya seperti Kunyit,Cabai,Dan masih banyak lagi.


Andaliman Sangat Bagus meningkatkan Kualitas rasa pada makanan,sehingga Salah satu Makanan olahan daging dari tanah batak seperti sang-sang maupun tanggo-tanggo sangat diminati penikmatnya karena aroma Andaliman ini mampu memancing rasa sehingga sangat nikmat ketika di hidangkan.


Mitos andaliman juga masih di perdebatkan dikalangan Masyarakat sampai saat ini dimana,Tidak semua Jenis Tanah Cocok Menjadi Area Pertumbuhan Tanaman ini,Dan Banyak Juga masyarakat yang ingin menanamnya.Namun Sangat Susah Mendapatkan Bibit.Karena Pembibitanya Sangat Susah Tumbuh ketika kita melakukan penyemaian dengan menanam buah yang sudah tua yaitu mengalami Warna Cokelat Kehitaman dan sangat keras.


Bagi yang mampu membudidayakan Tanaman Andaliman tersebut,Tentunya sangat menguntungkan karena harganya yang tinggi.


Bibit Andaliman Saja Dijual seharga 10 ribu per batang,Dimana bibit andaliman  sangat Jarang dijumpai.


Bibit andaliman yang Tumbuh,Biasanya Hasil dari Kotoran Burung yang memakan Biji andaliman Di alam,Dari kotoran Inilag menjadi tumbuh bibit yang baru kembali.


Namun bagi siapa saja yang ingin berencana Menanam Andaliman,Bisa saja menghubungi Kami.Bibit yang akan kami berikan adalah Bibit yang sudah di cangkok.


Cara Ini sangat bagus,Dengan Sistem Cangkok,Andaliman bisa dibudidayakan Kembali.Namun jika Kuta ingin membudidayakan Dari Bibit langsung,kita boleh saja memakai media penyemaian Dari biji yang sudah tua.


Caranya adalah dengan merendam biji hitam yang sudah diambil dari Pohon andliman.Biji yang tenggelam adalah biji yang bagus untuk disemaikan.Namun Jika biji-biji hitam itu mengapung kita tidak membutuhkanya karena Bijinya sudah tidak bagus untuk di semaikan.


Tanah yang bagus untuk pemyemaian bibit andaliman adalah Tanah Hasil pembakaran,seperti abu dari kayu bakar.Orang batak sering menyebutnya Sirabun.


Penyemaian ini,membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 bulan supaya biji yang disemaikan menjadi kecambah bibit.

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak