-->

Jenis Upacara Adat Dalam Kebudayaan Suku Batak

 Wargabatak.blogspot.com ,Jenis Upacara Adat Dalam Kebudayaan Suku Batak.Jika Kita Perhatikan,Suku Batak adalah suku yang paling sering dan paling banyak menerapkan Upacara Adat,bahkan suku Batak Tidak Bisa di lepaskan dari yang namanya Upacara Adat.bisa di katakan sejak seseorang suku batak masih di dalam kandungan mereka sudah ikut ambil bagian dalam perayaan Upacara Adat sampai Lahir di dunia dan terakhir Sampai ajal menjemputnya tetap juga merayakan upacara Suku Batak ini.


Jenis Upacara Adat Dalam Kebudayaan Suku Batak
Gambar:wargabatak.blogspot.com|adat suku batak

jika Kita coba berkunjung atau liburan beberapa hari ke sumatera utara, dimana wilayah ini adalah tempat tinggal menetap para suku batak.maka kita akan menyaksikan langsung berbagai upacara upacara adat suku batak ini.Adat juga Sudah merupakan warisan kearifan lokal dari nenek moyang suku Batak.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Upacara Adat Suku Batak,Pada Tulisan Artikel Blog Warga Batak,Akan meliput ringkasan Jenis Upacara Adat Dalam Kebudayaan Suku Batak.

lalu apa saja Macam-macam Adat Suku Batak? Beriku macamnya:

Jenis Upacara Adat Dalam Kebudayaan Suku Batak


1.Upacara adat Mangirdak atau Mangganje atau Mambosuri boru (adat tujuh bulanan)


Upacara adat Mangirdak adalah upacara yang diterima oleh seorang ibu yang usia kandungannya tujuh bulan.Pihak keluarga membawa makanan seperti ikan mas dan nasi untuk diberikan kepada Ibu yang mengandung dengan harapan ibu yang mrlahirkan dan anak yang dilahirkan sehat.

2. Upacara adat Mangharoan

(dibaca:Makkaroan) adalah upacara adat yang dilaksanakan setelah dua minggu kelahiran bayi untuk menyambut kedatangan bayi tersebut dalam keluarga tersebut.Upacara ini di hadiri oleh berbagai (kumpulan marga),kumpulan adat yang di ikuti oleh orangtua si anak,Pihak Gereja,dan relasi yang terjalin dengan orangtua si anak akan turut fi undang juga.

3. Upacara adat Martutu aek


Upacara adat martutu aek adalah upacara adat pemberian nama kepada bayi. Namun, padasaat ini, upacara ini sudah jarang dilakukan

4. Upacara adat Marhajabuan


Upacara adat marhajabuan adalah upacara adat pernikahan sesuai dengan adat Batak Toba, marhajabuan(berumah-tangga) artinya setiap masyarakat batak yang akan berumah tangga atau menikah harus melalui sebuah pesta adat tidak boleh hanya dibaptis di gereja atau hanya sekedar akad nikah. Acara ini akan dihadiri oleh seluruh sanak keluarga dari pihak pria maupun wanita dan diadakan pemberian ulos kepada pasangan yang menikah.

5. Upacara adat Manulangi


Upacara adat manulangi adalah upacara adat yang diberikan kepada orang tua yang lanjut usianya dengan menyuapi/menyulangkan makanan kesukaan Orangtua atau makanan yang terbaik oleh anak dan cucunya.namun secara tradisional buasanya anak  dan cucunya akan menyajikan arsik spesial atau daging yang di olah sebaik mungkin.

6. Upacara adat Hamatean


Upacara adat hamatean adalah upacara adat kematian saat seseorang Batak meninggal disesuaikan dengan adat Batak Toba apakah adat yang akan dibuat jika seseorang meninggal sebagai sari matua, saur matua, maulibulung dll.

7. Upacara adat Mangongkal holi


Upacara adat mangongkal holi adalah upacara adat penggalian tulang belulang orang tua yang telah meninggal untuk dimasukkan kedalam tugu (monumen untuk menghormati orang yang meninggal).tugu atau monumen ini biasanya di bangun oleh semua keturunan baik itu cucu,cici dan akan di buat perayaan besar untuk itu.Disamping itu Suku Batak Juga Memiliki Macam-Macam Kesenian Suku Batak

itulah Macam macam Upacara Adat Suku Batak Toba.


0 Response to "Jenis Upacara Adat Dalam Kebudayaan Suku Batak"

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel