Kumpulan Umpasa Batak Untuk Pariban Paling Lengkap

 Mengutip Dari Artikel Blog Warga Batak dengan Judul: Kumpulan Umpasa Batak Toba Paling Lengkap Dituliskan Bahwa  Umpasa batak toba Adalah karya sastra dalam bentuk syair/puisi yang berisi pernyataan restu, nasehat dan doa bagi orang yang mendengarnya. Umpasa adat batak toba diperdengarkan dalam upacara adat dan ditujukan kepada muda-mudi, pasangan pengantin, upacara menyambut tamu ,pemberangkatan seseorang,perpisahan atau berbagai acara lainnya, serta Kadang kala umpasa ini juga diperdengarkan dalam kehidupan kita sehari-hari.


Sementara Pariban Adalah:Tutur Pada Suku Batak, Atau sebutan pada sepupu. Yaitu anak laki-laki pada Suku batak akan memanggil Pariban pada Anak perempuan Paman(Tulang) . Dimana, Paman atau Tulang adalah Saudara Lelaki Dari Ibu kandung kita. Sementara Untuk perempuan, Akan memanggil Sebutan Pariban untuk anak Namborunya. 

Atau Bisa Membaca : 

Daftar Lengkap Kata-Kata Partuturan Pada Suku Batak Toba Dan Artinya


Dalam Ikatan namarPariban dalam Suku batak tidak jarang Perkawinan akan dilakukan karena ini sudah menjadi adat Batak dari nenek moyang terdahulu. 

Sehingga Umpasa Batak Tentang Pariban Juga banyak dicari atau Umpasa tentang Pariban juga sering diucapkan untuk tujuan menggombal si Pariban. 

Ketika Pacaran hingga meminang si Pariban untuk dijadikan pendamping hidup, Umpasa Batak kerap akan di lontarkan baik dalam adat maupun keseharian dalam Suku Batak

Namun Pada Suku Batak Toba Ada Juga Pariban Yang Tidak Bisa Di nikahi,sering disebut dalam Bahasa Batak yaitu Pariban Naso Boi Olion

Ternyata ada pariban yang tidak bisa saling menikah, siapa dia sebenarnya? bagi orang Batak aturan/ruhut adat ni hita batak. ada 2 jenis untuk kategori yaitu:

a. pariban nasoboi olion, yang pertama adalah; pariban kandung hanya di benarkan ,jadian. atau menikah dengan satu pariban saja-misalnya; 2 orang laki-laki bersaudara kandung memiliki 5 orang perempuan pariban kandung, yang dibenarkan untuk di nikahi adalah-hanya salah satudari mereka. tidak keduanya menikahi pariban-paribanya.


b. pariban kandung/atau tidak yang berasal dari marga anak perempuan dari marga ibu . dari ibu kandung kita sendiri, jika ibu yang melahirkan ibu kita bermarga A. 




Marboru Namboru/NioliAnak ni tulang -
larangan berikutnya adalah jika laki-laki menikahi boru -anak perempuan- dari namboru kandung dan sebaliknya, jika seorang perempuan tidak bisa menikahi anak laki-laki dari tulang kandungnya

Kumpulan Umpasa Batak Untuk Pariban Paling Lengkap

Kumpulan Umpasa Batak Untuk Pariban Paling Lengkap
Baju pengantin pernikahan Suku batak



Nah, jika kebetulan Kamu sedang mencari Umpasa atau kata kata untuk Pariban, berikut ini adalah daftar Kumpulan Umpasa Batak Untuk Pariban Paling Lengkap yang dapat dipakai atau dikatakan pada Pariban. 

Tektek do inna Mula Ni Gondang,
Ser ser Mulai Ni Tor tor. Artia Bona Ni ari, Sipahasada Bona Ni bulan. bissar Mata Ni Ari Poltak Mata ni Bulan. Pitu do bilangan Ni ari, sappulu dua bilangan ni bulan, Tu ise pe Haduan Au Mangoli, Anggo Hita Tong do Na Mar Pariban. 


Silak lak ni sikkoru ma ninna, 
Sirege Rega Ni Ampang. 
Si Anak Ni Namboru, 
Sibere bere Ni Damang. 

Tubu hau dulang, 
Dakka na i mardakka dupang. 
Hodo boru ni tulang, 
Ima maen ni dainang. 

Bulung garikkau,
Lope lope di joloni jabu. 
Anak ni namborukku, 
Tung parekkeli jolo au. 

Tabo do jagal biang, 
 ni tanggoi tu sakkalan. 
Tabo do namarpariban, 
Mar sigotilan lao mangan. 

Tabo do mangallang tobu, 
Molo di si dohot lakkatna. 
Tabo do namar nabboru, 
Molo naung balga anakna. 

Lomak mar boras ribban, 
Di labbungni gala gala. 
Hodo maenni dainang, 
Tapasada ma rohatta. 


Marlereng ma parlereng, 
Tarlanggarma bonani pinasa. 
Au do namamereng mereng, 
Gabe halak do napunasa. 

Aek ni atturge, 
Di lakkai parsobanan. 
Si doli namurget murget, 
Namatua do dapotan. 

Songgop dara pati, 
Padua dua manggarpasi. 
Tabereng ma sidoli
Rappak siboru mangallangi. 

Alogo Na Mangullus, Di topi Tao Toba, 
Mangombus-ombus Mansai lambok. 
Ale Pariban Boru Sinaga, 
suara Mu Tung Mansai Lambok. 

Amak Do Rere, Dakka Do Dupang, 
Anak Do Bere, amang Do Nang Tulang. 

Hot pe jabu i, tong doi margulang-gulang. Sian dia pe bere i mangalap Boru , tong doi boru ni Tulang.


Sai Debatama Mangaramoti Toddi, Tuhan Mangaramoti akka Badan, jumpangta Na Jinalahan dapot akka na ni luluan.dapot akka Nauli Jumpangta Nang akka Na dengan. 

Horas Ma dihita Tudia Pe massari, Sai Tong Tong ma Di Ramoti Tuhan. 

Itulah Contoh Kata Kata Ucapan Atau Umpasa Batak Tentang Pariban. 





Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak