Contoh Kata Kata Poda Dalam Bahasa Batak

 Warga Batak. Poda Adalah Ungkapan Atau Kata-kata Yang diucapkan atau disampaikan pada seseorang yang bertujuan untuk mengingatkan atau memberi wejangan berupa nasehat yang sangat berharga. Pemberian atau pengucapan poda pada seseorang bertujuan untuk menanamkan hal-hal yang baik pada seseorang karena poda dalam suku batak adalah sebuah bekal hidup yang sangat berharga. 

Contoh Kata Kata Poda Dalam Bahasa Batak
Gambar ilustrasi


Poda Secara umum diberikan oleh para tetuah suku batak seperti contohnya poda dari orangtua kepada anak-anak nya. Supaya kelak anaknya selalu mengingat nasehat berharga dari para orangtua yang membesarkanya.

Poda memiliki beragam bentuk Ucapan seperti umpasa dan ada juga berupa ungkapan. 


Poda dalam suku batak akan selalu diberikan pada anak dari kecil hingga dewasa sehingga memiliki berbagai macam proses penyampaian ada untuk pengantin, ada untuk perantau ada juga untuk sekolah, untuk anak dalam meraih cita-cita dan masih banyak lagi. 

Secara lengkapnya Bisa membaca:Contoh Kata-kata Nasehat atau Poda Bahasa Batak Beserta Artinya


Namun, Pada Topik Artikel tentang Poda akan dijelaskan seperti contohnya berupa ucapan Dalam bahasa batak Toba. 


Berikut Ini adalah Contoh Kata-Kata Poda Dalam Bahasa Batak

Sai Martahuak Do Manuk Sabungan Nangpe dibagasan Sumur,  Na pinaborhat Ni Tangiang Dohot Angka Poda do Ho Amang Borhat Tu Parjalangan,Asa Gabe Ho amang Anak Ni Raja Napattas si tiruan nang pangulahian, Asa parsori ho amang so hagogoan parsori so haliapan, asi Rohani Ni Debata, Manumpak Ma Nang Tuhan. 

Jumpangmu amang na jinalahan Dapotmu na niluluan, sai unang Ho amang liapan di tano Parjalangan, unang hami haguguan ditano hatubuan, asa gabe Taridama ho amang sada anak ni Raja, na pattas si tiruon, nagabe pangulaian. Marjambar hami amang di akka natua-tuamnatua-tuam ditano hatubuan, mambege baritam sian Parjalangan. 

Hi nauli ni akka lakkam, Hi nauli ni akka pambahenanmu do upa ni lokasi nami humokkop ho, pagodang-godanghon ho sahat Tu namagodang. 

Asa sahat pinarsittam amang dapotan ho nang panggabean dapotan ho nang parhorasan, asa tu dolok ho amang dapot mata ni ari bissar tu toruan dapot pandaraman na tiar, asa habang pidong sibigo paihut-ihut bulan, tung aha pe amang na pinarsittam nang pinangidom sai tong mau dipasahat Tuhan. 

Poda Atau Nasehat Diatas artinya adalah untuk Anak yang merantau supaya selalu rendah hati, berdoa dan selalu ingat akan orangtua. 

Kita merantau jangan mengandalkan kekuatan sendiri, namun harus juga mengandalkan Tuhan supaya apa yang kita cari akan kita dapatkan. 

Jangan terbuai, dan selalulah ingat akan kampung halaman terutama tanah kelahiran dan terlebih untuk orangtua yang membesarkan kita. 

Itulah Contoh Kata Kata atau Ucapan poda dalam bahasa batak yang bisa kita sampaikan atau ucapkan kepada anak atau cucu kita. 



Untuk Daftar Kata -kata atau umpasa batak bisa membacanya Pada Daftar Arsip Blog Warga Batak dengan Cara Klik Daftar Isi horas. 


Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak