Contoh Kata-Kata Mandok Hata Tahun Baru Bahasa Batak Dan Artinya

Wargabatak ,Contoh Kata-Kata Mandok Hata Tahun Baru Bahasa Batak Dan Artinya.Hari  Raya Natal 25 Desember dan Tahun Baru 1 Januari adalah Momen Paling Dinikmati Oleh Kaum Nasrani Secara keseluruhan,Terlebih Suku Batak Yang Secara Umum,Menganut AGama Kristen.Hari perayaan Besar Ini akan Selalu dihiasi berbagai Bunga-bungaan,Pohon Natal,Baju Baru,Maupun segala Aspek yang mencakup tentang kehidupan Sehari-hari.

Contoh Kata-Kata Mandok Hata Tahun Baru Bahasa Batak Dan Artinya
Gambar:wargabatak|Kembang Api Di Malam Tahun Baru


Bukan Itu saja,Dalam penantian pergantian Tahun setiap Tahunya,Suku Batak juga akan mengadakan Acara Khusus penyambutan Tanggal 1 Januari.Malam Tahun Baru akan di adakan Acara Khusus Keluarga berupa Kebaktian Rohani,yang di susun sedemikian Rupa Mulai dari Bernyanyi,Maaf-maafan antar sesama(Saling minta Maaf)Mulai dari Adik,Kakak,Abang,ibu,ayah,sampai dengan nenek dan kakek Termasuk Semua Anggota Keluarga Dan Sanak Family Bahkan Satu Kampung.



Setiap orang akan di beri kesempatan Mengucapkan,meluahkan isi hati tentang apa saja yang ingin di ungkapkan,mulai dari kesalahan,kebaikan,perbaikan diri kedepanya.
Istilah Ini Disebut Mandok Hata Di Taon Baru.ini adalah tradisi Suku Batak Turun-temurun.

Mandok Hata Tahun Baru Bahasa Batak adalah mengucakan kata-kata di depan semua keluarga.Biasanya Acara ini di mulai Pukul 00.00 wib.Setelah selesainya acara ini akan diadakan makan kue bersama serta salam-salam minta maaf antar teman,sahabat,keluarga maupun orang lain.

Berikut kami akan Tuliskan Contoh Mandok Hata Tahun Baru Bahasa Batak,kata-kata Mandok Hata di Malam Tahun baru adalah hal yang wajib.

Disini kita akan dilatih secara mental,berbicara didepan orang-orang.Jika seseorang yang berdarah Batak Tidak bisa mengucapakan atau Mandok Hata,maka ini akan menjadi Hambatan bagi diri-sendiri kedepanya.bukan itu saja jika Suku Batak itu tidak tau Mandok Hata Maka Akan Mengalami rasa malu,Karena Mandok Hata akan selalu di pakai resmi dalam adat Batak,Seperti Martonggo Raja,Esek-esek,Pesta Pernikahan,Pesta kematian,Acara Parsahutaon,Kumpulan Marga,Di gereja,Dan Acara-acara Resmi lainya Pada Suku Batak.

Blog warga Batak Akan Menuliskan Contoh Mandok Hata Tahun Baru Bahasa Batak/Kata-kata Mandok Hata di Malam Tahun Baru  sebagai Berikut:

Contoh Kata-Kata Mandok Hata Tahun Baru Bahasa Batak Dan Artinya


Songoni Ma Tahe Dohonon,Di Opung,Di Bapa,Di Oma,Di Kakak,Di Abang,Di ito Niba,Anggi Niba,Amangtua,Inangtua,Bapa Uda ,Inanguda,Maradu Sude Hita Namarpungu Di Tonga-Tonga Ni Jabuta Na Martua on.Nunga Be Attong Di Ramoti Tuhan Pardenggan Basai Ganup Lakkata Marsada-sada,Dilean Akka Hasehaton,Gabe Boi Hita Taripar Sian Taon Na Buruk Tu Taon Na Imbaru On.

Suang Songoni Ma Attong Di Ompung,Bapa,Uma,Dohot Sude Akka Natua-tua Nami di son,Anggiat Ma Attong sai di lehon Tuhan Hasehaton Dohot Angka Panjang Ni Umur,Pancarian Na Lomak,Asa Tungboi Hamu Natua-tua Nami,Mamboan Hami Gelleng Muna Tu dalan Na Denggan,Asa Gabe Sitiruon di Tonga-Tonga Ni parngoluan Siganup Ari.

Onpe antong Ompung,Bapa,Oma,Amangtua,Inangtua,Bapa Uda,Inanguda Dohot kakak ku ,abangku,anggiku,itokku,dison,Dang Tagamon Dangadong Akka Pangalaho Na hurang Sian AU Tu Hamu,Maafhon Hamu Mai antong Tarsongon Parsalpu ni Taon Na Buruk Tu Taon Na Imbaru On.Selamat Tahun Baru Ma Di Hita Saluhutna,
Songoni Majolo Hata Sian AU Anakmuna Butima.Horas!


Artinya: Beginilah Yang Akan Saya Ucapkan,Di (*Semua Tutur Pada Suku Batak Yang Mengikuti Acara Taon Baru/Tahun Baru)Bahkan Untuk Semua Yang Sudah Ada Di Dalam Rumah Kita Yang Bertuah ini.

Tuhan Yang Maha Pengasih Sudah Menyertai Setiap Langkah Kita,Pribadi Lepas Pribadi,Serta Diberinya Kesehatan Sehingga Kita Bisa Melangkahkan kaki Melewati Tahun Yang Sudah Tertinggal(Tahun yang Bruk)Menuju Tahun Yang Akan Datang(Tahun Baru).

Begitu jugalah Untuk(*Sebutkan Panggilan Tutur terhadap Yang Mengikuti Acara Tahun Baru)Semoga Tuhan Memberikan Kesehatan Dan Panjang Umur,Murah Rejeki,Supaya Kalian( *Sebutkan Panggilan Tutur terhadap Yang Mengikuti Acara Tahun Baru)Bisa Membawa Kami Anak-anak mu ini,Kejalan Yang Lebih Baik dan menjadi Manusia Yang Pantas Untuk di Tiru di Kemudian Hari/Di Hari-hari Yang Akan Datang.

Untuk Ini pun(*Sebutkan Panggilan Tutur terhadap Yang Mengikuti Acara Tahun Baru) Saya tidak Luput Dari Bergai Kesalahan, perilaku yang kurang berkenan disaat menghadapi kalian(*Sebutkan Panggilan Tutur terhadap Yang Mengikuti Acara Tahun Baru) Maafkan lah itu Dari Hati Kalian Yang Terdalam Dengan Tulus,Sebagaimana Lewatnya Tahun Yang Lama Menuju Ke Tahun yang Baru Ini.Saya Selamat Tahun Baru Buat Kita Semua Begitulah Ucapan Kata Dari Saya Sebagai Anak Horas!


Ketika Acara Tahun Baru Sudah Siap Dilakukan Di Dalam Rumah ,Maka Akan Diikuti dengan Acara Makan-makan Kue Sebagai Menu Kue Batak Yang Paling Banyak Di Sajikan yaitu Jenis Kue Natal Dan Tahun Baru Yang Berasal Dari Suku Batak.Dan Pesta Kembang Api Sampai denganan menggunakan mainanan Sejenisnya seperti Meriam Bambu,mercun Dan Lain Sebagainya.

Itulah Contoh Kata-kata Mandok Hata Bahasa Batak dari Anak ke Orangtua  Di Malam Tahun baru,Ini hanyalah Contoh Saja,silakan menggunakan Kata-kata hatimu sendiri,Luahkan apa yang Tersimpan Di hati,Apa keinginan kita,Apa harapan kita Nantinya di lembar Baru ini.

Sekian,
Rahutbosi,Pangaribuan 01 Januari 2022

 


Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Kata-kata Dalam Bahasa Batak Yang Disertai Dengan Arti Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:





Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak