Contoh Ucapan Mandok Hata Di Acara Arisan Pada Suku Batak

 Wargabatak.Olahaninternet.my.id.Contoh Ucapan Mandok Hata Di Arisan Pada Suku Batak.Arisan Adalah Istilah Umum yang biasa kita dengar Dalam kehidupan Sehari-hari.Dimana,Arisan Adalah Acara Perkumpulan Dalam Berbagai kegiatan yang bisa memberi keuntungan Satu Sama lain didalam setiap anggota.

Contoh Ucapan Mandok Hata Di Acara Arisan Pada Suku Batak
Contoh gambar ilustrasi Arisan


Arisan Juga Memiliki Beragam Jenis,Ada Bentuk Arisan Online,ada juga Arisan Yang Offline yang dijalankan secara Pertemuan Dengan Cara Berkumpul Di salahsatu Tempat yang telah disetujui oleh anggota dalam Arisan.

Dalam Kehidupan Suku Batak,Arisan Suku Batak juga kerap Di bentuk Dalam kehidupan Sehari-hari.Salah satu Arisan Populer yang biasa dijalankam oleh orang batak adalah Arisan Marga,Arisan Parsahutaon,Arisan Partangiangan,Maupun arisan lainya yang terdiri dari Kumpulan-kumpulan tertentu yang mengusung nama yang disepakati oleh anggota.

Arisan Marga Adalah Salah satu arisan yang paling populer yang biasa dilaksanakan Dalam Suku Batak,dimana dalam hal penarikan Arisan akan dibuat secara bergilir yang biasanya dengan menerapkan sistem waktu yang mengacu Bulanan,Harian Bahkan Tahunan.

Bagi Yang mendapat Giliran Untuk menerima Arisan,Maka Pertemuan anggota akan di lakukan pada ruma yang sedang menerima Arisan Waktu Itu.

Bentuk Materi dari arisan pada Suku Batak,terdiri Dari Uang,Beras,Bahakan Ada Juga Bentuk Daging(Arisan Jagal)Dimana Harga Daging B2 perkilo menjadi Acuan Untuk Hal pembayaran Arisan setiap Anggota.Semua Tergantung kesepakatan Dalam setiap Arisan yang dibentuk.



Pada Suku Batak,Arisan Yang diselenggarakan,Biasanya akan diikuti juga dalam penerapan Adat yang berlaku.Contohnya Jika Seseorang angota Mendapat Giliran untuk menerima arisan saat itu,Maka acara penyerahan arisan akan dilakukan dengan acara Kecil-kecilan Seperti Berdoa,Bernyanyi,Bahkan Mandok Hata.

Dimanaa,Utusan Dari pemberi arisan akan mengucapkam Kata,Begitu pula Orang yang menerima arisan juga akan membalasnya dengan mengucapkan Kata-kata Terimakasih yang sering disebut mandok hata pada Suku Batak.

Nah,Jika Diantara kita yang kebetulan telah mendapat Bagian atau giliran dalam memerima Arisan,maka perkumpulan Anggota akan diadakan di rumah kita.

Dalam hal menerima arisan ini,biasanya kita akan mengucapkan kata atau mandok Hata Di arisan.


Dalam Suku Batak biasanya akan menyiapkan Hidangan Snake atau makanan ringan sebagai Konsumsi untuk perkumpulan anggota tersebut Biasanya Dibuat Dari Mie,Makan,atau Bentuk kue-kuean Sebagai makanan Untuk Dampingan Kopi(Akkup Ni Kopi)yang disiapkan oleh tuan rumah saat itu,atau anggota yang menerima Arisan.

Nah,Dalam Hal pengucapan  Atau mandok hata di arisan ini,Akan dituliskan Contoh Kata-kata Ucapan mandok Hata di arisan dalam budaya Suku Batak yang bisa kita katakan ketika dalam acara arisan.

Berikut ini adalah Ucapan mandok Hata di arisan yang bisa kita pakai;

Contoh Ucapan Mandok Hata Di Arisan Pada Suku Batak

"Songoni Ma Tahe dohonon Disude akka Dongan Samarga,dongan parsahutaon,dohot dongan Saulaon Nang Di akka Ale-ale na Ro tubagas Ta na martua on.

Ima disiala Na patupahon Arisan Marga,Mauliate ma ta dok tu Tuhan ala boi dope hita pungu rap mekel,rap margait jala rap manimbung tu toru,mangangkat tu ginjang Sai di Dongani tuhan ganup lakkata marsada-sada asa Tung boi hita muse manghasomalhon Ima Arisan na tapatupa on.

Anggiat ma attong arisan on mamboan gok Na denggan,jala boi hupake tu joloan ni arion gabe mangkorhon ngolu na lam tama tarlumobi diadopan Ni Tuhan Pardenggan basa i.Mauliate ma Dihita Saluhutna Botima".Horas!!

Artinya:Beginilah yang akan saya ucapkan untuk semua teman semarga,teman Se Kampung(tempat tinggal),Teman Satu adat,maupun teman-teman sahabat yang datang kerumah kita yang bertuah ini.

Yaitu dalam rangka pelaksanaan arisan marga,(Dll).Terimakasih Kita Ucapkan Kehadapan Tuhan karena Kita masih bisa berkumpul,tertawa,bercanda bersama,Sama-sama melompat ke atas,Sama-sama Melompat ke bawah,Tuhan Selalu menemani langkah kita,pribadi Lepas pribadi supaya kita semua bisa lembali melakukan arisan-arisan selanjutnya Seperti ini.

Semoga Arisan ini membawa banyak kebaikan,dan bisa kita pakai kedepanya menjadi mendatangkan Hidup yang lebih baik.Terutama dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa.Terimaksih Untuk Kita Semua,,Sekian Ucapan kata Dari Saya Horas!!

Itulah Contoh pengucapan Mandok Hata Dalam Acara Arisan Pada Suku Batak,yang bisa kita pakai,atau tambakan lagi supaya lebih memilik makna dalam setiap ulaon seperti halnya arisan pada suku Batak.

Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Kata-kata Dalam Bahasa Batak Yang Disertai Dengan Arti Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:

 Selain Artikel Diatas,Bagi Kamu Yang sedang Mencari Berbagai Jenis Artikel seputar Suku Batak Yang Disertai Dengan Cerita Lengkapnya Bisa Juga Dengan Cara Membaca Judul Tulisan Dari Artikel Berikut Ini:Daftar Artikel Yang Membahas Topik Tentang Seputar Suku Batak,






Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Maupun Kritik Yang Membangun Dilarang Meninggalkan Komentar Yang Bersifat Asusila,Narkoba,Mari Hormati Ras,Agama,Dan Budaya.
👋HORAS👋

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak